21 Februari, Belanja di Tangerang Bawa Kantung Plastik Sendiri

67

Tangerang, KataKota.com – Untuk meminimalisirkan pencemaran sampah plastic kelaut, pemerintah mengeluarkan imbauan untuk penggunaan kantong plastik akan dikenakan biaya. Jadi alangkah baiknya kita membawa tas belanja sendiri dan mengurangi penggunaan plastik

Sebelumya, pemerintah telah mengumumkan bahwa penggunaan kantong plastik saat belanja atau sejenisnya akan dikeluarkan biaya. Artinya sekarang kantong plastik tidak lagi gratis.

Aturan ini bakal berlaku mulai tanggal 21 Februari nanti, bersamaan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Kementerian Lingkungan Hidup belum memberlakukan secara menyeluruh ke seluruh Indonesia.

Jadi, aturan baru ini hanya berlaku di 17 kota, seperti: Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor, Solo, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Palembang, Makasar, Ambon, Jayapura, Balikpapan, Medan, dan Denpasar.

Peraturan baru ini memang akan dilakukan secara bertahap, karena mengubah kebiasaan menggunakan kantong plastik untuk kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia memang masih sulit.

Berdasarkan hasil survei dari jajakpendapat.net sebanyak 51 persen orang Indonesia mendapat 0-2 kali kantong plastik dalam sehari. Umumnya 86.75 persen kantong plastik didapat saat mereka membeli makanan atau cemilan.

Berdasarkan data dari Jmbeck et al 2015, Indonesia merupakan negara kedua penyumbang sampah plastik ke laut, dan jumlahnya sangat banyak, mencapai 187,2 juta ton. Hal tersebut merupakan cerminan manajemen sampah yang masih buruk di Indonesia. (eq/kk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.