3089 IKM di Kota Tangerang Siap Berdaya Saing

4
3089 IKM di Kota Tangerang Siap Berdaya Saing,(eky/katakota.com)
lebaran

Tangerang, Katakota.com —  Pelaku industri kecil menengah (IKM) di Kota Tangerang terus tumbuh, hal ini seiring dengan kemudahan pemasaran di era kemajuan teknologi dan dukungan pemerintah daerah.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang mencatat ada sekitar 3089 Industri Kecil Menengah (IKM). Angka tersebut setiap tahunnya bisa meningkat dan jenis usahanya di dominasi oleh usaha makanan dan minuman.

“Peningkatan jumlah pelaku IKM itu tentunya menjadi indicator bahwa pemerintah Kota Tangerang mendukung sektor ini dan berupaya mensejahterakan masyarakatnya melalui beragam pola dan program,” terang Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Herman Suwarman.

Pemberian sertifikat Halal juga diupayakan oleh Pemkot setiap tahunnya. Hal ini supaya para pelaku IKM bisa meningkatkan pemasarannya.

Ia menuturkan, sebaran pelaku IKM diakui tersebar merata di seluruh wilayah Kecamatan yang ada, tidak terkonsentrasi di satu wilayah. Namun, untuk jenis industry besar yang kisaran berjumlah 300, berada di kewenangan pemerintah daerah provinsi.

Memasuki era revolusi industry 4.0, Dinas Perindustrian dan Perdagangan mendorong para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk maksimal dalam meningkatkan daya saing. Dijelaskan Herman, salah satu program yang di usung yakni melalui pelatihan kemasan produk, marketing, brand dan lainnya.

“Beragam pelatihan kami sajikan bagi para pelaku IKM yang ada, misalnya pelatihan desain kemasan yang belum lama ini kami gelar, dengan menghadirkan narasumber di bidangnya. Beberapa produk IKM juga hingga kami buatkan langsung desain kemasannya,” ujarnya.

Melalui pelatihan dan pembinaan tersebut, tentu diharapkan pelaku IKM mampu berdaya saing sehingga bisa sukses dan mampu mensejahterakan keluarga dan karyawannya serta lingkungan sekitarnya.

Penulis : Roy Maulana
Editor. : Eky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.