Aplikasi koperasi kita permudah aktivitas koperasi

27
Utaryana pengagas inovasi aplikasi koperasi kita kecamatan karawaci/did

Kota cerdas tak hanya ditandai dengan pelayanan berbasis teknologi yang disediakan oleh Pemerintah untuk memudahkan masyarakatnya. Namun juga upaya masyarakat yang memanfaatkan teknologi untuk berbagai aktivitas.

Seperti yang dilakukan oleh Utaryana ketua Koperasi Karawaci Eksis yang mengagas inovasi adanya aplikasi yang dipergunakan untuk memudahkan anggota koperasi dalam mengakses informasi keuangan koperasi.

“Ide nya tahun 2019, selama ini pencatatan koperasi masih konvensional sehingga menyulitkan ketika ada anggota yang ingin mengetahui keuangan koperasi, apalagi saat menjelang Rapat Akhir Anggota (RAT) membutuhkan waktu dalam menyusun laporan keuangan,”ujar dia.

Dengan aplikasi Koperasi Kita, setiap anggota dapat mengetahui laporan keuangan koperasi dengan mudah, jelas dan cepat. Pencatatan secara digital menjadikan nilai tambah bagi koperasi di mata masyarakat.  

“Aplikasi Koperasi Kita upaya role model koperasi berbasis teknologi harapannya dapat diikuti oleh pengurus koperasi lainnya,” ujarnya.

Melalui digitalisasi koperasi, Utar berharap dapat mengajak milenial bergabung menjadi anggota koperasi.

“Selama ini asumsinya koperasi itu tempat simpan pinjam saja, padahal melalui digitalisasi koperasi menjadi tempat berbisnis dan memperloleh peluang,”ucap dia.

Selain dapat mengakses informasi laporan keuangan koperasi, Aplikasi Koperasi Kita juga dapat digunakan untuk berbagai transaksi keuangan.

“Modelnya sama seperti internet banking, anggota dapat transaksi keuangan dan transaksi elektronik seperti melakukan top up simpanan koperasi, transfer bank, membeli pulsa, dan token listrik,” ujar Utar.

Kemudian kata Utar, melalui aplikasi Koperasi Kita sesama anggota juga dapat saling bertransaksi. Hal ini juga menjadi sarana anggota koperasi dalam  memasarkan produk yang dimiliki.

“Misalkan membeli produk di anggota koperasi pembayarannya tidak melalui kas tapi simpanan, transaksi terekam di server dan realtime 24 jam,’ ujarnya.(Adit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.