Aplikasi SITANGKOT KPU Kota Tangerang Siapkan Data Pemilih yang Akurat

5
aplikasi SITANGKOT milik KPU Kota Tangerang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang memiliki aplikasi sistem informasi data pemilih KPU Kota Tangerang atau disingkat SITANGKOT. Kehadirannya dalam rangka mensukseskan dan memudahkan tahapan Pemilu yang akan datang. Sarana ini merupakan Aplikasi ke dua yang dibuat oleh KPU Kota Tangerang. Sebelumnya adalah SIPIL atau Sistem Informasi Pemilih yang telah dibuat untuk menunjang Tahapan Pilkada 2018.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, SITANGKOT merupakan fasilitas untuk mendukung kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) sejak awal tahun 2020.

Melalui SITANGKOT Partai Politik (Parpol) dan seluruh elemen masyarakat  dapat menggunakannya untuk mengkroscek validitas data masing-masing. Baik perubahan data, penambahan data pemilih baru dan yang sudah meninggal atau pindah serta menjadi TNI atau POLRI.

“SITANGKOT salah satu upaya kami  menyiapkan data pemilih yang akurat dan berkualitas untuk persiapan Pemilu Serentak 2024,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Program dan Data Ahmad Subhan mengatakan SITANGKOT aplikasi yang  sederhana, simpel dan mudah diakses untuk semua kalangan.

“Pengguna tak perlu mendownload aplikasi. Cukup mengunjungi http://sitangkot.kpukotatangerang.id atau dengan cara menscan barcode yang tertera di template yang telah kami sosialisasikan,” papar dia.

Sebelumnya KPU Kota Tangerang juga telah meluncurkan aplikasi berbasis Whatsapp dengan nama INDAP atau Informasi data pemilih. Sarana ini dapat diakses melalui nomor WhatsApp 081284767067. (Adit)

Menu SITANGKOT

  1. Cek Pemilih

Input NIK sesuai dengan KTP, bila terdaftar maka data anda akan tampil pada aplikasi KPU Kota Tangerang.

  1. Permohonan Pemilih Baru

Jika anda pemilih baru atau belum terdaftar di KPU. Caranya mengisi data pada aplikasi diantaranya nomor HP, NIK, KK, nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan foto KTP selanjutnya KPU akan melakukan validasi data.

  1. Perubahan Pemilih Baru

Jika ada perubahan data yang mengharuskan adanya penanganan khusus terhadap pemilih. Atau pemilih sudah tidak dapat melakukan pencoblosan maka pribadi atau pihak lain dapat melaporkan melalui menu ini.(Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.