Digitalisasi Urusan Kepegawaian dengan SIMASN

7
APLIKASI SIMASN KOTA TANGERANG

Pemkot Tangerang melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memiliki Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN). Melalui aplikasi tersebut memudahkan ASN dalam berbagai urusan adminstrasi kepegawaian mulai dari kenaikan pangkat hingga pensiun.Data dalam aplikasi tersebut juga telah terintegrasi dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) online Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat.

Kasubid Data dan Informasi Aparatur BKPSDM Taufiq Hidayat mengatakan, SIMASN sebelumnya bernama SIKDA. Aplikasi ini menampung data pegawai secara paperless artinya data yang bersifat elektronik. Adapun fitur yang tersedia di dalamnya yaitu fitur pensiun, kenaikan pangkat, izin belajar, tugas belajar, ujian dinas, satya lencana dan lainnya.

“Sebelum ada SIMASN syarat diajukan secara manual dengan membawa berkas lalu mengusulkan ke pejabat berwenang sekarang cukup mengusulkan melalui SIMASN tinggal upload dan paperless,” ujarnya.

Taufiq menambahkan, seluruh layanan di BKPSDM saat ini sudah gunakan SIMASN sebagai alat kerja. SIMASN juga digunakan oleh OPD untuk mempermudah mengurus dokumen kepegawaian. “Sehingga seluruh data pegawai tersimpan cukup buka dapat terlihat mulai dari profilnya sampai usulan layanan yang diajukan berbentuk dokumen elektronik,” katanya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.