Dinas Perkim Kota Tangerang Sosialisasikan SIMBG untuk Pembayaran Pengganti IMB

9
Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) tengah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Khususnya dalam pelayanan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG).
Hal itu diungkapkan langsung oleh Dinas Perkim Kota Tangerang, Sugiharto Ahmad Bagja. Pria yang akrab disapa Ugi ini menjelaskan untuk pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kini telah dihapus dan diganti menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).
“Hal ini sehubungan dengan berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung yang merupakan turunan dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” ujarnya.
Berkaitan dengan hal tersebut agar masyarakat mengajukan kembali permohonan melalui aplikasi SiMBG dengan alamat situs simbg.pu.go id. Atau warga juga dapat menanyakan hal ini langsung ke Kantor Dinas Perkim Kota Tangerang.
“Dinas Perkim telah menyediakan ruang pelayanan konsultasi bagi para pemohon yang memerlukan arahan atau informasi lebih detail terkait pelayanan,” ucap Ugi.
Ugi menerangkan mengenai tata cara dalam pelayanan itu. Jadi, alurnya pemohon membuat akun terlebih dulu di SIMBG.
“Setelah itu mengajukan permohonan dan mengisi data-data yang dibutuhkan. Kemudian pemohon akan mendapat nomor pendaftaran yang selanjutkan data pemohon yang masuk ke dalam sistem akan masuk ke akun operator dinas teknis untuk diverifikasi,” katanya.
Apabila berkas telah lolos proses verifikasi akan otomatis masuk ke akun pengawas dinas teknis. Setelah itu masuk proses konsultasi.
“Dengan dasar pertimbangan teknis akan dihitung retribusi dari bangunan gedung oleh pengawas. Retribusi yang telah dihitung di-upload si sistem SIMBG oleh pengawas,” ungkap Ugi.
Selanjutnya permohonan otomatis akan masuk ke akun Kepala Dinas Teknis untuk dilakukan validasi agar terbit Surat Pemenuhan Standar Teknis dan permohonan otomatis masjk ke akun Dinas Perizinan (DPMPTSP Kota Tangerang). Proses pembayaran retribusi dan penerbitan SK PBG akan dilakukan oleh Dinas Perizinan.
“Nantinya ke depan kami akan melakukan sosialisasi ini hingga ke tingkat Kecamatan mau pun Kelurahan agar masyarakat paham mengenai pelaksanaan layanan SIMBG ini,” tutur Ugi. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.