Donor Darah Ga Pakai Ribet dengan Aplikasi “SiDoni”

5
PMI Kabupaten Tangerang saat sosialisasilayanan kepada pengelola Rumah Sakit/dit

Aplikasi Sistem Inormasi Donor Darah Indonesia atau SiDoni yang telah diluncurkan oleh Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Tangerang mendapat antusias dari masyarakat khususnya para pendonor.

Kepala Unit Transfusi Donor Darah Kabupaten Tangerang Zainal Muttaqin mengatakan, sejak diluncurkan pada September 2019 lalu, pengunduh aplikasi SiDoni mencapai 10 ribu download kemudian pengguna yang merupakan pendonor aktif sebanyak 9500 pengguna.

Kepala UTD Kabupaten Tangerang dr Zainal Muttaqien

“Si Doni ini aplikasi mobile diperuntukan untuk pendonor, pendonor bisa melihat jadwal dan lokasi donor, Pendonor ga perlu ngantri dan mengisi formulir, pakai aplikasi tinggal datang dan scan kartu digital,” ujar Zainal saat sosialisasi pelayanan darah yang aman dan berkualitas di era digitalisasi kepada pengelola Rumah Sakit di Tangerang Raya, Kamis (5/3) di Novotel tangerang.

Melalui aplikasi SiDoni, pendonor akan mendapatkan banyak manfaat pertama mengurangi antrian, kedua histori donor tercatat lalu pendonor lebih dari 10 kali akan mendapat reward, dan juga akan diingatkan untuk mendonor di waktu berikutnya.

“Juga yang terpenting masyarakat dapat mengetahui stok darah di PMI, ga ada yang ditutupi semuanya transparan,” ujar Zainal.

Zainal mengatakan, aplikasi SiDoni kini dikembangkan dengan akan diluncurkannya aplikasi SiDoni Rumah Sakit (SiDoni-RS). Melalui system tersebut maka rumah sakit dimudahkan dalam memesan darah ke PMI.

“Saat ini baru kami sosialisasikan ke Rumah Sakit, setelah ini akan di launching, lalu dilanjutkan ke MOU dan diinstal di Rumah Sakit yang berada di wilayah Tangerang Raya,” katanya.

Lanjutnya,selain aplikasi Si Doni-RS. kemudahan rumah sakit dalam pesanan darah akan bertambah dengan Jek Don atau ojek donor yang merupakan layanan delivery service darah yang dipesan oleh Rumah sakit dan Puskesmas.

“Mengantar darah harus sesuai dengan standar operasional yang berlaku seperti adanya box khusus, petugas pengantar pun sudah mengerti pengantaran darah,”ujarnya.

Kemudian kata Zainal, kedepan Rumah Sakit yang sudah menggunakan SiDoni-RS maka nantinya dapat mentracking posisi pesanan darah melalui Jekdon.
“Sementara ini masih by phone, sudah banyak darah yang diantar pakai Jekdon, droping darah juga pakai Jekdon,” ucapnya.(dit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.