DPRD Kota Tangerang dukung Penerapan Tilang Elektronik

3

DPRD Kota Tangerang mendukung penerapan Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap pertama yang telah diterapkan secara nasional mulai hari Selasa (23/3/2021).

Anggota DPRD Kota Tangerang, Anggiat Sitohang mengatakan,  adanya penerapan tilang elektronik tersebut tentunya dapat meningkatkan kedisiplinan berkendara di masyarakat.

“Dengan begitu, masyarakat akan lebih disiplin berlalu lintas dan akan berhati-hati dalam berkendaraan,” kata Anggiat.

Anggiat mengatakan, masyarakat yang ditilang elektronik nantinya akan menerima surat yang berisikan foto bukti pelanggaran sesuai dengan tempat pengendara melakukan pelanggaran lalu lintas. Kemudian pelanggar (pemilik kendaraan) harus membayar tilangan yang sudah ditetapkan melalui Bank ditunjuk sesuai pelanggarannya.

“Dalam sistem seperti ini dampak positifnya lebih bagus dan dapat menghindari penyalahgunaan kewenangan, namun disisi lain masyarakat akan kaget ketika ada surat tilang datang kerumah tapi pemilik kendaraan tidak merasa melanggar lantaran kendaraan dipinjam oleh kawannya,” ujar Anggiat.

Senada dengan Anggiat,politisi Gerindra Nurhadi, mengatakan dengan sistem tilang elektronik yang akan diterapkan di Kota Tangerang sangatlah baik, selain dapat mendisiplinkan pengendara, hal ini juga dapat meminimalisir kecelakaan yang sering terjadi.

“Hal ini alangkah lebih baiknya, jika pemerintah bersama aparat mensosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat kota Tangerang agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik,” katanya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.