DPRD Sampaikan Raperda Bansos Kematian dan Warisan Budaya Non Benda

11
Tangerang,Katakota.com- DPRD Kota Tangerang mengajukan dua Raperda inisiatif tentang bantuan sosial kematian bagi masyarakat miskin dan
Raperda  tentang Pelestarian dan Pengelolaan Warisan Budaya Non Benda dalam rapat paripurna yang digelar pada Rabu (15/5).
Ketua Badan Pembuat Perda (Baperda) DPRD Kota Tangerang, Edy Ham mengatakan, pelestarian dan pengelolaan warisan budaya non benda yang sudah dilakukan sampai saat ini tampaknya belum sesuai dengan harapan. Kondisi ini disebabkan rentannya Soliditas budaya dan pranata sosial yang diperkuat dengan kecenderungan penguatan orientasi primordial seperti kelompok etnis dan agama yang berpotensi memperlemah persatuan masyarakat dan keharmonisan interaksi sosial.
“Belum ada peraturan yang mengatur secara komprehensif sebagai landasan hukum menjadi kendala dalam pelestarian budaya,” ujarnya.
Dikatakannya, warisan budaya yang juga penting untuk diperhatikan adalah sebagai pembentuk karakter Kota Tangerang. Menurutnya budaya Kota Tangerang yang warganya hidup dengan keragaman dan diisi oleh berbagai etnis budaya non bendanya begitu kaya.
 
“Budaya non benda di Kota Tangerang harus dipertahankan, dijaga. Jadi kita bergabung jadi satu, tidak melihat itu Tionghoa dan Jawanya. Tapi semua kita ingin jadikan satu, namanya Kota Tangerang,” katanya.
Sementara terkait Raperda bantuan sosial kematian bagi masyarakat miskin diajukan karena pemberian bantuan sosial yang sudah dilakukan tampaknya belum sepenuhnya sesuai harapan karena masih rendahnya status sosial ekonomi masyarakat. Serta belum adanya bantuan sosial yang spesifik terhadap permasasalahan kematian kepada anggota masyarakat miskin.
Lanjutnya, masyarakat miskin yang tinggal di Kota Tangerang begitu banyak. Sehingga, pemerintah mesti membantu proses apabila mereka hendak mengurus kematian seperti dana transportasi untuk penguburan dan sebagainya.
 
“Selama ini kan tidak ada bantuan dan tidak pernah ada rencana. Insya Allah nanti kalau disetujuin akan terlaksana,” ucapnya.(dit)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.