Hadapi Masa Pandemi, ACT Tangerang Raya Gulirkan Bantuan UMKM

10

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tangerang Raya gelar implementasi Wakaf Modal Usaha Mikro (WMUM) di Masjid Ar-Rahmah, Rawa Lele Jombang, Tangerang Selatan, Jumat, (18/9/2020).

Kegiatan ini ditujukan kepada para pelaku usaha kecil di masa pandemi Covid – 19 yang terus mewabah.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri Branch Manager ACT Tangerang Raya, Asisten Daerah (Asda) 3 bidang kesra Teddy Meiyadi, Dirut PPKER Denny.

Branch Manager ACT Tangerang Raya Suriadi mengatakan, program WMUM atau wakaf modal usaha mikro ini merupakan salah satu dari sekian banyak program yang telah direalisasikan oleh ACT di saat pandemi covid 19 sebagai sebuah upaya untuk membantu masyarakat khususnya pegiat UMKM agar dapat bertahan di tengah pandemi ini.

“Bantuan modal yang digulirkan berasal dari dana wakaf yang nanti dalam pelaksanaannya dengan akad qodrul hasan, tidak ada bagi hasil ataupun kelebihan-kelebihan lain pada saat pengembalian modal,” katanya.

Ia menambahkan, launching dan distribusi bantuan modal usaha ini sengaja kita lakukan di masjid sebagai sebuah upaya untuk mengerakkan dan mengoptimalkan peran dan fungsi masjid, bahwa masjid bukan hanya tempat ibadah saja, tapi merupakan tempat yg memiliki fungsi strategis.

“Dari masjid inilah umat beribadah, berkarya, menguatkan ekonomi dan membangun peradaban,” tambahnya.

Sementara Markom ACT Tangerang Raya Bara menjelaskan, modal tersebut murni dari dana wakaf yang kemudian dalam tempo atau jangka waktu tertentu modal tersebut harus dikembalikan dan akan didistribusikan lagi serta disalurkan kepada pelaku UMKM yang membutuhkan modal.

“Harapannya para pelaku UMKM dapat bangkit kembali untuk membangun ekonomi keluarganya melalui aktivitas yang dilakukan dan dapat membantu terciptanya suasana ekonomi yang kondusif di tengah pandemi ini,” tutupnya.(dit/RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.