Inovasi dalam pelayanan, validasi BPHTB berbasis online disiapkan

8
Pelayanan di kantor UPT Pendapatan Daerah wilayah timur kota Tangerang/ist

Pemerintah Kota Tangerang melalui berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus berupaya memberikan pelayanan optimal. Seperti halnya dalam pelayanan perpajakan.

Seperti halnya melalui Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda yang terus berinovasi dalam hal pelayanan.

Menurut Kepala Bapenda, Said Endrawiyanto, selama ini jajaran Bapenda terus berupaya menghadirkan terobosan-terobosan pelayanan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Pelayanan pajak berbasis online salah satu yang kami terus kembangkan dan sempurnakan, selain layanan-layanan lainnya. Seperti relaksasi pajak, bayar pajak via daring,” jelasnya.

Seperti halnya yang saat ini tengah diujicobakan oleh salah satu pegawai di lingkup Bapenda, Meigya Ardhiti, yang tengah mengikuti Diklat Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP), yang membuat rancangan aksi perubahan yaitu berupa Sistem Validasi BPHTB berbasis online.

Menurut Kasubag TU UPT Pendapatan Daerah wilayah timur itu, membuat program inovasi berbasis online ini, sebagai upaya memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi dimasa pandemi Covid-19, di mana pelayanan serba terbatas.

“Inovasi sistem pelayanan validasi BPHTB berbasis online ini diambil, tak lain berangkat dari kondisi real yang terjadi di loket pelayanan yang selalu antri dan menumpuk,” ujarnya.

Melalui pelayanan berbasis online, diharapkan akan lebih memudahkan masyarakat dalam mengajukan pendaftaran validasi BPHTB. Dengan demikian, masyarakat atau wajib pajak dapat mengakses secara online tanpa harus datang ke kantor pelayanan.

“Sistem ini juga mengurangi tatap muka langsung, sehingga mendukung upaya pencegahan Covid-19 saat ini,” tegasnya.

Ditambahkannya, sistem yang dirancang saat ini, sedang dalam tahap uji coba dan disosialisasikan ke masyarakat. Selanjutnya, akan diterapkan pada aktivitas pelayanan yang biasa dilakukan setiap harinya. (Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.