Komitmen Polresta dan PWI Kabupaten Tangerang Anti Hoax

73
lebaran

Tangerang, Katakota.com -Polresta dan PWI Kabupaten Tangerang komitmen untuk memerangi berita bohong atau populer disebut Hoax.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Asep Edi Suheri mengimbau warga tidak terprovokasi berita bohong alias hoax.Warga diminta melakukan kroscek untuk memastikan validitas informasi yang didapat.

Kapolres Kota Tangerang, Kombes Asep Edi Suheri mengatakan, Fenomena Hoax saat ini sedang marak dan akibatnya banyak warga yang belum tentu bersalah menjadi korban, ada juga warga yang dihakimi massa sampai meninggal gara-gara dicurigai sebagai penculik.

“Warga diimbau melakukan konfirmasi atau tabayun. Caranya bisa dengan menghubungi kepolisian atau tokoh agama seperti MUI (Majelis Ulama Indonesia)” ucapnya.

Dipicu kabar hoax yang beredar di media sosial. Padahal, informasi itu adalah informasi palsu atau hoax, beberapa kericuhan juga terjadi akibat ketidakdewasaan warga dalam menggunakan media sosial.

“Konten semacam itu yang berisi ujaran kebencian, provokasi, atau hal negatif lainnya ada ancaman pidananya. Kita inikan punya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Warga harus tahu soal Undang-Undang itu,” ungkapnyan

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengatakan, Keberadaan hoax harus menjadi perhatian insan jurnalis. Sebab, berita hoax bisa merugikan kaum jurnalis karena bisa saja hoax mencatut nama wartawan atau media tertentu.

“Untuk itu saya mengajak kepada teman-teman wartawan agar menjadi tameng utama dalam memberikan informasi yang akurat dan aktual sehingga bisa memerangi hoax,” terangnya.

Jurnalis harus memberikan edukasi agar warga menjadi komponen yang melek informasi. Artinya, warga yang memiliki nalar kritis dalam mencerna tujuan dari disampaikannya informasi. Dengan begitu, warga akan memiliki kapasitas untuk menganalisis berita yang diterimanya hoax atau fakta.
(Mad sutisna/KK).

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.