Lima Bulan Beroperasi, RSUD Pakuhaji Tingkatkan Pelayanan

10
Lima Bulan Beroperasi, RSUD Pakuhaji Tingkatkan Pelayanan,(adit/Katakota.com)

Tangerang, Katakota.com – Lima bulan berjalan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pakuhaji, Kabupaten Tangerang terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya di 12 Kecamatan Pesisir Utara Tangerang atau Pantai Utara (Pantura) Tangerang.

RSUD Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, yang diresmikan pada 31 Januari 2018 lalu oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar ini bisa dikatakan mengalami kemajuan yang pesat pasalnya, hadirnya RSUD ini merupakan sebuah anugrah yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh lapisan masyarakat Pantura Tangerang.

Walau saat ini RSUD Pakuhaji, Kabupaten Tangerang masih di kategori tipe C, namun seluruh fasilitas yang dihadirkan untuk melayani masyarakat sudah menandingi dari dua RSUD Kabupaten Tangerang yang lainnya.

Direktur RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang, Dr.Corah membeberkan perjalanan RSUD Pakuhaji semenjak diresmikan oleh Bupati Tangerang hingga saat ini. RSUD yang dibangun setinggi 4 lantai ini memiliki 5 ruang ICU dan telah mempekerjakan sebanyak 151 pegawai beserta dokter spesialis.

“Untuk saat ini kami mempunyai 5 ruang ICU, 5 ruang operasi, dengan mempekerjakan 151 pegawai, selama ini kami sudah merawat pasien sebanyak 1299 pasien dan ini merupakan bukti meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang kami berikan,” ucapnya.

Dengan pengalaman yang ia miliki, akan jabatan Dr.Corah sebelumnya yang pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, merupakan sebuah bekal yang menjadi pondasi ia saat menjabat sebagai Direktur RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang.

Oleh karena itu, Dr. Corah melanjutkan, pihaknya akan terus melakukan inovas-inovasi guna memberikan kepercayaan terhadap pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Pantura Tangerang.

Ia sedikit menceritakan tujuan awal berdirinya RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang ini, RSUD ini berdiri guna untuk mengcover akan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang tinggal di 12 Kecamatan di Pantura Tangerang.

“Sesuai dengan jumlah penduduk yang mencapai kurang lebih 3500 jiwa ini, jadi kami ingin, khususnya di 12 Kecamatan di Pantura Tangerang, RSUD ini untuk mengcover pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, dan semua itu instruksi dari bapak Bupati,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, pihaknya pun terus melakukan koordinasi dengan Puskesmas dan hingga tingkat Desa untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat bahwa RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang ini hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Sesuai dengan persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan (Perkemenkes), RS yang sudah beroperasi selama kurang lebih 2 tahun harus sudah terakredetasi, hal itu guna memenuhi standar-standar yang ada,¬† agar masyarakat lebih terjamin keselamatannya dan yang terlebih agar kepercayaan masyarakat untuk memilih RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang sebagai tempat pelayanan kesehatan,” tegasnya.

Untuk meraih terakredetasi RSUD ini, pihaknya juga wajib mengimplementasikan seluruh program-program Kemenkes dan Program Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinkes ke seluruh pelayanan kesehatan yang diberikan ke masyarakat.

“Yang sudah kami implementasikan dari program Kemenkes dan Dinkes seperti Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar¬† (PONED), yang merupakan program untuk mengurangi angka kematian terhadap anak dan ibu saat melakukan persalinan,” Direktur RSUD Pakuhaji.
(Mad sutisna/KK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.