Mahasiswa jadikan aplikasi tangerang live sebagai materi penelitian

6
Dinas Kominfo saat mengadakan pertemuan virtual dengan mahasiswa/IST

Pengembangan smart city melalui berbagai aplikasi yang dimiliki Pemkot Tangerang menarik perhatian masyarakat menjadikannya sebagai materi penelitian.

Kasie pemberdayaan TIK pada Diskominfo, Tisna Wijaya mengatakan, banyak mahasiswa yang menjadikan aplikasi sebagai materi penelitian. Dari berbagai aplikasi yang dimiliki Pemkot Tangerang aplikasi layanan publik di dalam portal Tangerang LIVE paling banyak dijadikan materi penyusunan skripsi.

“Setelah menyampaikan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kesbangpol selanjutnya mahasiswa dapat melakukan penelitian sesuai dengan aplikasi yang dijadikan fokus penelitian,” katanya.

Selain skripsi, Perguruan Tinggi juga menjadikan aplikasi Tangerang LIVE sebagai tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“KKN  adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Badan Kesbangpol Casmat Junaidi mengatakan, mahasiswa dan pelajar yang akan melakukan penelitian ataupun magang di lingkup Pemkot Tangerang diwajibkan memenuhi persyaratan dengan mengantongi surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Kesatuan Bangsa (Kesbangpol) Kota Tangerang.

“Pengajuan rekomlit dapat diajukan secara langsung di kantor Kesbangpol yang berada di Jalan Nyimas Melati nomor 21 A, Kecamatan Tangerang. Dengan membawa kelengkapan persyaratan yakni  Surat Pengantar dari kampus yang ditujukan kepada Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Proposal Penelitian, Foto kopi Kartu mahasiswa dan KTP,” papar dia.

“Lebih mudahnya dapat mengajukan dengan mengirimkan via e-mail kesbangpol@tangerangkota.go.id,” sambungnya.

Lanjutnya, selama pandemi Covid-19 terhitung sejak bulan April 2020, tercatat  413 orang telah mengajukan rekomendasi ke Kesbangpol. Menurutnya tanpa surat tersebut OPD di Pemkot Tangerang tidak akan menerima mahasiswa dan pelajar untuk melakukan penelitian atau magang.

“Ini sesuai dengan Peraturan Mendagri nomor 64 tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan  Rekomendasi Penelitian,” katanya.(did)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.