Memahami Dunia Komunikasi Era Pasca Digital Bersama Seminar Nasional CORE UPJ 2022

24

Tangerang Selatan –Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya kembali menyelenggarakan seminar nasional akademik komunikasi secara daring yang akan berlangsung pada 11-12 Mei 2022.

CORE UPJ atau Communication In The Futuremengusung tema “Run Into The New Communication In Post-Digital Era” dan tagline “The New Way To Communicate”. CORE UPJ 2022 ingin membahas mengenai bagaimana perubahan pola komunikasi di era pasca digital nanti. Pada tahun ini. CORE UPJ menghadirkan pembicara baik dari dalam dan luar negeri yang ahli dalam bidang komunikasi untuk mengisi seminar, di antaranya adalah Dr. Elizabeth Fish Hatfield, Ph.D, Walid A. Afifi, Ph.D, Dr.N. Nurlaela Arief, MBA, Dr. Nurjanah, M.Pd, Frisca Clarissa, Antovany Reza Pahlevi, dan sebagainya.

 

Seminar nasional akademik komunikasi yang diselenggarakan dalam rangkaian acara CORE UPJ 2022 akan membahas beberapa topik menarik mengenai dunia komunikasi, yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Topik pembahasan dalam seminar CORE UPJ antara lain komunikasi dalam dunia metaverse, komunikasi dalam lingkup keluarga, jurnalistik, trend Public Relations, komunikasi lingkungan, komunikasi interpersonal dan masih banyak lagi. Tak hanya seminar, CORE UPJ juga memiliki pre-event menarik yang bernama ‘Get To The CORE’ berupa kegiatan live session di Instagram yang membahas komunikasi di berbagai bidang dengan para dosen dari Universitas Pembangunan Jaya, dan lomba Call For Abstract di mana peserta mengirimkan extended abstract penelitiannya untuk dipresentasikan pada acara CORE UPJ 2022.

 

“Tema dan tagline CORE sangat baik, terutama karena menyangkut media baru, ada perubahan ada transisi dari cara berkomunikasi, pra pandemi sama kemudian post pandemi gitu ya, kemudian ada cara komunikasi yang berubah karena era digitalisasi. Dan penggunaan media itu jauh lebih intens. Penggunaan teknologi ditambah dengan skill komunikasi di era baru ini benar-benar memberikan jangkauan yang luas di seluruh dunia. Kemudian, riset komunikasi pastinya sangat penting, karena menulis adalah bahasa komunikasi” terang Leenawaty Limantara selaku Rektor Universitas Pembangunan Jaya dalam keterangan tertulis pada Jumat (6/5/2022).

 

CORE UPJ merupakan acara tahunan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya, dimana pada tahun 2022 dikelola oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi kelas Manajemen Acara minor Public Relations (A) angkatan tahun 2019. CORE UPJ adalah acara seminar nasional komunikasi dengan rangkaian acara utama yaitu seminar nasional dan call for abstract sebagai wadah bagi para mahasiswa, akademisi, maupun praktisi dalam ilmu komunikasi berbagi pandangan, serta menyusun strategi untuk memecahkan masalah komunikasi saat ini. CORE UPJ pertama kali diselenggarakan pada Mei 2021 yang dikelola oleh mahasiswa kelas Manajemen Acara minor Broadcast Journalism angkatan 2018, yang dihadiri oleh 946 peserta dalam seminar nasional. CORE UPJ memiliki website resmi yang memuat berbagai informasi dan juga media sosial yaitu @core.upj di Instagram, Facebook, dan TikTok.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.