Memperkuat Imun Tubuh, Sari Buah Berenuk Terima Pesanan dari Berbagai Daerah

19
Rezha Hazmi dan sari buah berenuk/ist

Saat ini masyarakat berburu produk maupun olahan buah, sayur dan rempah-rempah yang memiliki kandungan memperkuat imunitas. Hal ini untuk menangkal virus corona yang tengah mewabah di Indonesia.

Salah satu produk olahan yang memiliki khasiat memperkuat imun tubuh adalah sari Sari buah berenuk yang diproduksi oleh Rezha Hazmi pemuda asal Kecamatan Karang Tengah. Tak hanya itu sari buah berenuk memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan seperti mengatasi stroke dan lainnya.

“Buah berenuk ini banyak manfaatnya termasuk menjaga imun tubuh yang dapat mencegah berbagai macam penyakit, “ ujar Rezha Hazmi yang dinobatkan sebagai pemuda inspiratif tahun 2018 dari Kemenpora atas ide inspiratifnya memproduksi sari buah berenuk.

Sari buah berenuk yang diproduksi oleh Rezha Hazmi kini sudah banyak dikenal oleh konsumen, bahkan pesanan semakin luas dari berbagai Kota hingga ke Manado dan Jambi.

Rezha mengatakan setiap minggunya mampu memproduksi sebanyak 50 botol berbagai ukuran sari buah berenuk dengan label merek Pahala_08 ini. Harga jual sari buah berenuk yang kaya manfaat itupun dijual dengan harga terjangkau.

“Ukuran terkecil 80 ml harganya Rp 10 ribu, dan paling besar 500 ml 50 ribu,” ujarnya.

Rezha mulai memproduksi sari berenuk dengan memberdayakan pemuda Karang Taruna. Setiap malam buah berenuk yang didatangkan dari Cisauk Kabupaten Tangerang itu diolah menjadi minuman yang dikemas dalam botol.

Rezha menjelaskan, cara pembuatan sari berenuk, pertama kulit keras berenuk dibuka lalu dikeluarkan isinya dan dicacah-cacah. Kemudian direbus dan diaduk seperti dodol,diaduk terus sampai busa hilang,  setelah matang didinginkan disaring dan dikemas.

“Proses pembuatan sari berenuk tidak sulit namun harus sabar dan telaten sebab prosesnya memakan waktu 3-4 jam,” ujar dia.

Rezha mengatakan, ide produksi sari buah berenuk berawal dari pengobatan tetangganya yang mengalami stroke. Saat itu kami menyaksikan setelah beberapa waktu mengkonsumsi buah berenuk warga yang stroke kembali sehat.

Batok Berenuk Dimanfaatkan

Selain memanfaatkan isi buah berenuk, Rezha juga memanfaatkan batok sisa produksi menjadi barang yang bernilai ekonomi.

Batok berenuk yang sebelumnya dibuang dan menjadi sampah kini disulap menjadi pot bunga kemudian sari keringnya dapat digunakan untuk campuran sambal dan pupuk tanaman.

“Tak hanya isi buahnya namun sisa produksi sari berenuk berupa batok dan sari keringnya juga masih bisa dimanfaatkan,” ujar dia.

Meskipun masih diproduksi terbatas, Pot bunga dari batok berenuk sudah dijual ke masyarakat juga melalui online. Batok buah berenuk yang terlihat tak berguna kini dapat menjadi media mempercantik tanaman.

“Pemanfaatan batok buah berenuk selain pemberdayaan ekonomi juga sarana kreativitas pemuda karang taruna,” ujar dia.

Membuat pot bunga dari batok berenuk cukup mudah, setelah dibersihkan dan dihaluskan, batok berenuk kemudian dicat sesuai dengan motif yang diinginkan. Setelah itu batok dlengkapi dengan tali berupa kawat dan dijemur dibawah sinar matahari.

“Harga pot bunga dari batok berenuk cukup murah yakni 10-20 ribu perbuahnya,” ujar dia.(Adit)

 

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.