Mengenal Zacky Turquoise, Skater Muda Kota Tangerang

20

Zacky Turquoise, salah satu atlet berprestasi olahraga skateboard Kota Tangerang yang berusia muda. Saat 13 tahun, Qois, sapaan akrabnya, telah mengikuti gelaran Indonesia Open X-Sports Championship tahun 2019 yang diadakan oleh Kemenpora dengan meraih peringkat lima besar.

Qois menjelaskan, pertama mengenal skateboard pada tahun 2013, saat masih TK. Ceritanya, saat ke toko alat olahraga ia melihat papan skateboard, dan meminta dibelikan. Papan skateboard sederhana itu ia mainkan di rumah saja. Lalu, pada 2016, saat duduk di kelas 2 SD, ia pun minta dibelikan papan skateboard sungguhan. Sebagai hadiah khitan, ia pun memiliki papan yang layak dimainkan di skatepark. Dengan papan inilah ia mulai bermain di skatepark SDC di Serpong.

Beberapa kali ia main di skatepark SDC bersama teman sekelas di sekolahnya. Pada suatu waktu bermain, ia terjatuh. Kejadian itu membuat ia berhenti bermain. Berselang dua tahun, pada 2018, saat berjalan-jalan bersama keluarga di Tandon Ciater, Tangerang Selatan, ia melihat beberapa orang bermain skateboard, lalu merekamnya. Keinginannya bermain skateboard kembali muncul.

Siswa yang duduk di kelas 7 SMP ini melanjutkan, sejak merekam video beberapa orang di Tandon Ciater itu ia menjadi lebih tertarik dengan olahraga skateboard dan sering mengunjungi video-video skateboard di YouTube untuk mempelajari trik skateboard. “Kalau skateboard itu kan jatuh bangun lagi, jadi saya kembali main lagi,” kata Qois.  Setelah melihat-lihat video skate di internet, ia mulai belajar skateboard dengan seorang pelatih di BSD Extreme Park.

Event perdana yang Qois ikuti adalah January Ollie pada 2019 di BSD Extreme Park. “Meski belum dapat prestasi saat itu, tapi saya senang karena bisa berkompetisi dengan teman-teman lain,” katanya.

Di tahun yang sama, Qois terus mengikuti berbagai even skateboard, baik tingkat lokal maupun nasional. “Tertinggi event nasional Kemenpora dapat peringkat lima besar untuk kategori di bawah usia 15 tahun,” ungkapnya.(Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.