Mengintip Suasana Kantor Baru Google di Kawasan SCBD

87
Kantor Google Indonesia yang terbaru berada di lantai 45 Gedung Pacific Century Place, Kawasan SCBD, Jakarta.

Jakarta, Katakota.com -Google baru saja pindah kantor dari bilangan Senayan ke kawasan SCBD. Yuk, kita intip sama-sama kantor barunya. Sekeren apa sih kantornya yang sekarang?

Para pegawai Google atau kerap disapa “Googlers” di Indonesia, menempati kantor baru di lantai 45 Gedung Pacific Century Place, SCBD, Jakarta.

Secara kasat mata, kantor baru ini lebih luas dibandingkan kantor lama Google Indonesia yang berlokasi di Sentral Senayan, Jakarta. Kendati begitu, desain interior yang ceria dan muda tetap dipertahankan.

Pertama kali masuk, pengunjung bakal disambut duo maskot Android yang mengenakan batik. Tampak pula logo “Google” dengan aksen alat-alat musik di sekitarnya.

Sambutan pertama saat masuk pintu ada maskot google

Suasana pertama saat memasuki kantor Google Indonesia usai keluar dari lift, langsung dihadang berupa pintu yang harus dilalui dengan ID khusus. Artinya, tidak sembarang orang bisa masuk ke sini.

Pengunjung lantas diminta mengisi buku tamu dan mengenakan tag nama yang dicetak oleh mesin Google. Di akhir kunjungan, tag nama tersebut harus dikembalikan.

Di area lobi, disediakan beberapa meja dan kursi warna-warni. Ada pula coffee table lengkap dengan cangkir, sendok, gula, dan creamer-nya. Para Googlers bisa bekerja dan berdiskusi sembari menikmati kopi di sore hari.

Area lobi disediakan beberapa meja dan kursi warna warni lengkap dengan Coffee table

Ada layar besar pada area kiri lobi, yang menampilkan beberapa kata kunci di Google Search Indonesia secara real-time. Ada juga “Memory Wall”, di mana foto-foto polaroid yang menggambarkan kebersamaan para Googlers dipampang.

Ke sebelah kiri, pengunjung memasuki kedai “Mbah Google”. Di semua kantor Google, para Googlers memang disediakan makan siang gratis dengan menu sehat yang setiap hari berbeda.

Ketika berkunjung ke sana, disuguhkan prasmanan yang beragam, ada pilihan nasi merah, ikan dori, dan cumi saus asam-manis, labu tumis, brokoli tumis, dsb.

Ada varian buah-buahan dan banana cake yang gluten-free. Berbagai macam minuman pun bisa dipilih di kulkas, mulai dari air mineral, air tahu (soy milk), air penambah tenaga kaya ion, susu fermentasi, dll.

Googlers maupun pengunjung yang selesai makan harus membereskan mejanya seperti sedia kala. Piring dan gelas kotor harus diserahkan ke petugas kebersihan di sudut yang telah disediakan.

Kedai Mbah Google terhimpit dua ruangan, yakni ruang bermain dan ruang outdoor. Di ruang bermain, ada bantal-bantal besar dengan warna-warna khas Google yang bisa dipakai berleye-leye.

Ada juga sofa dan beberapa hiburan yang bisa mengusir rasa penat, seperti televisi, konsol game, serta mini football tabletop.

Kantor Google Indonesia yang terbaru berada di lantai 45 Gedung Pacific Century Place, Kawasan SCBD, Jakarta.

Lantas di ruang outdoor, disediakan beberapa meja dan kursi yang juga bisa dipakai bekerja atau berdiskusi. Meski sifatnya outdoor, para pengunjung maupun Googlers tak diperkenankan merokok di area tersebut.

Meski suasana kantor Google terbilang santai, tetapi privasi perusahaan sangat dijaga. Ada beberapa ruangan yang tak diperkenankan untuk dimasuki pengunjung, apalagi membidik foto. Salah satu yang dilarang keras adalah bilik-bilik kerja para Googlers.

Sumber: Kompas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.