Mudah Lupa Nama Seseorang, Ini Penjelasan Ilmiahnya

5
Apakah kamu merupakan tipe orang yang mudah melupakan nama seseorang meski baru saja berkenalan?

Katakota.com, -Apakah kamu merupakan tipe orang yang mudah melupakan nama seseorang meski baru saja berkenalan? Hal ini bukan merupakan hal yang aneh mengingat ada banyak orang yang memiliki kebiasaan seperti ini. Namun, fenomena ini ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah lho.

Seperti dilansir Time.com, Charan Ranganath selaku Direktur Memory and Plasticity Program di Universitas California mengungkapkan beberapa alasan mengapa kita mudah lupa dengan nama seseorang.

Tidak Tertarik

Jika kamu mudah melupakan nama seseorang, bisa saja kamu tidak terlalu tertarik dengan kehidupan orang itu. Otak kita disebut akan memilah dan melupakan sesuatu ketika kita merasa keberadaan orang-orang tertentu tidak begitu penting di hidup kita.

Suka Mengabaikan Hal-hal Kecil

Selain itu, mudah melupakan nama seseorang juga cenderung dipengaruhi oleh diri kita sendiri. Jika kita sering mengabaikan detail-detail kecil di kehidupan sehari-hari, biasanya otak kita otomatis juga akan ikut mengabaikan hal-hal kecil yang menurut kita kurang penting.

Nama yang Terlalu Umum

Bukan hanya berasal dari diri kita saja, biasanya orang mudah melupakan nama seseorang karena nama orang itu terlalu umum. Sebaliknya, jika kamu berkenalan dengan seseorang yang memiliki nama yang unik, kamu secara otomatis akan memikirkan nama orang tersebut.

Jaga Imej

Menjaga image di depan banyak orang ternyata juga bisa jadi salah satu alasan kenapa kita tidak ingat nama seseorang. Charan mengungkapkan bahwa kita sering mengingat wajah seseorang, namun lupa dengan namanya. Pada saat seperti ini, otak akan mulai mencocokkan wajah dengan nama yang kita ingat.

Sumber : Teen.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.