Pelemahan Rupiah dekati Rp 14.000, ini tanggapan Menteri Sri Mulyani

4
Rupiah melemah

Katakota.com, -Nilai tukar Rupiah tengah menjadi perbincangan hangat. Sebab, saat ini Rupiah sudah mendekati Rp 14.000 per USD. Angka ini jauh dari target pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar Rp 13.400 per USD.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengungkapkan persoalan yang terjadi terhadap mata uang Garuda ini tidak seharusnya di lihat dari sisi Indonesia saja. Namun, perlu juga memperhatikan dampak dan pelemahan pada mata uang negara-negara lain.

“Kita memperhatikan berdasarkan pergerakan mata uang yang lain dan juga terhadap Dolar itu sendiri. Karena Dolar menguat yang berasal dari policy Pemerintah Amerika tentu ini mengarah pada mata uang yang lain,” kata Menteri Sri Mulyani, usai menghadiri Rapat Paripurna di DPR RI, Jakarta, Kamis (26/4).

Menteri Sri Mulyani melanjutkan pelemahan mata uang dalam dua hari terakhir terjadi juga pada negara-negara maju dengan kisaran besaran yang sama. “Beberapa mata uang negara maju bahkan bisa terdepresiasi di atas 2 persen. Mata uang di sekitar kita bahkan juga depresisasinya di atas,” imbuhnya.

Melihat itu, dirinya pun meminta masyarakat agar tidak terlalu menyikapi secara berlebihan. Artinya dalam hal ini masyarakat diminta untuk tetap tenang pada gejolak pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS.

“Tentu kita harus melihat ke depan, masyarakat pasti dalam hal ini perlu untuk terus diberikan informasi sehingga mereka menjadi lebih tenang bahwa pergerakan ini adalah pergerakan yang berasal dari AS, dan pengaruhnya pada seluruh mata uang di dunia,” pungkasnya.

Sumber    : Merdeka.com

Uploader  : Cecep R./Qy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.