Pemkot Tangerang Bangun Kampung Tematik Disetiap RW

17
Pemkot Tangerang Bangun Kampung Tematik Disetiap RW,(eky/katakota.com)
lebaran

Tangerang, Katakota.com -Pemerintah Kota Tangerang mempersiapkan pembentukan Kampung Tematik diseluruh wilayah dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama-sama masyarakat. Program yang  menjadi bagian Kampung Kita ini memiliki berbagai manfaat bagi masyarakat dimulai dari Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat, pengentasan kemiskinan melalui  pengembangan Koperasi dan UKM serta potensi lokal.

Adapun OPD dan Kampung tematik yang akan dibentuk meliputi Disbudpar membangun kampung budaya dan kampung wisata, Dispora kampung Olahraga dan Kampung pemuda,Kemudian Dinsos dengan Kampung Sejahtera Mandiri, Dinas Lingkungan Hidup melanjutkan program kampung iklim dan kampung hijau, DP3AP2KB kampung anak dan kampung samawa, Satpol PP membentuk kampung aman dan tertib, Dinas Kesehatan kampung PHBS, Dinas Ketenagakerjaan kampung terampil dan siap kerja lalu ada Dinas Ketahanan Pangan membangun kampung logistik dan kampung bibit, ditambah lagi Dinas Koperasi dan UKM dengan kampung UMKM dan kampung Koperasi. Dinas Pendidikan ada kampung cerdas,Dinas Kominfo kampung masyarakat informatika,BPBD Kampung tangguh bencana, DPAD membentuk kampung baca kemudian Kesbangpol kampung bersinar dan kampung rukun, serta kampung laris manis oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Walikota Tangerang H.Arief R.Wismansyah mengatakan, Program Kampung Kita akan membangun Kampung Tematik disetiap Rukun Warga (RW) yang tersebar di 13 Kecamatan. Menurutnya sejumlah OPD akan terlibat dalam upaya menciptakan lingkungan yang indah, bersih, dan asri melalui pemberdayaan kampung – kampung menjadi kampung tematik.

“Melalui program Kampung Kita OPD di Pemkot Tangerang membuat suatu program kerja yang dapat mengakomodasi kebutuhan kampung tematik di suatu wilayah,” kata dia.

Walikota menjelaskan dalam program Kampung Kita diupayakan dalam satu wilayah memenuhi 23 jenis Kampung Tematik yang dibentuk oleh OPD. Pemenuhan turut upaya Pemkot dalam menjadikan Kotanya semakin Layak Huni, Layak Investasi, layak dikunjungi dan kota pintar.

“Melalui Kampung-Kampung tematik yang akan dibentuk disetiap RW maka diharapkan aktivitas ideal di lingkungan terbangun seperti adanya kegiatan keagamaan, kegiatan bermain anak,kegiatan usaha asli masyarakat, kegiatan kepemudaan, kegiatan pendidikan luar sekolah, kegiatan kebudayaan, kegiatan olahraga,” papar Arief.

Arief mencontohkan, Dinas Lingkungan Hidup dengan program Kampung Iklim bebas banjir dan Kampung Hijau nya dapat melakukan pendampingan kepada setiap RW. Dalam Kampung iklim  mencakup 11 program berkesinambungan meliputi urban farming, penghijauan, penghematan energi, sumur resapan, biopori, penataan lingkungan, pengolahan air limbah, bank sampah, pengurangan sampah disumber, komposting dan tanaman obat keluarga (TOGA)

“Kampung iklim adalah kampung yang mendorong partisipasi aktif masyarakat dan pihak lainnya dalam aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca,”ujar Arief.

Lanjutnya, Dinas Sosial dalam Kampung Kita akan melaksanakan program Kampung sejahtera mandiri.Kampung Sejahtera Mandiri adalah kampung yang masyarakatnya memiliki keswadayaan, partisipasidan kesetiakawanan sosial yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dasar yang mengembangkan kehidupan berkelanjutan serta menciptakan nilai tambah bagi produktivitas warganya.

“Kampung sejahtera mandiri dibentuk bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan hak dasar masyarakat, melindungi dari berbagai resiko sosial dan ekonomi yang dirasakan. Kemudian memelihara kearifan lokal, serta mengendalikan konflik sosial yang terjadi di lingkungan,” ujar Walikota.

Menurutnya program Kampung Kita juga akan masuk ke Kampung-Kampung Tematik yang sudah terbentuk oleh inisiasi warga setempat seperti Kampung Bekelir, dan Kampung Markisa. Program dari setiap OPD akan melengkapi fasilitas yang belum tersedia di Kampung yang sudah menjadi destinasi wisata Kota Tangerang itu.

“Contohnya Kampung informatika oleh Dinas Komunikasi dan Informatika akan melengkapi fasilitas informasi seperti penyediaan internet di Kampung tematik, Juga ada Kampung budaya dari Disbudpar yang dapat mengakomodir potensi lokal seni dan budaya warga setempat,”pungkasnya.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.