Pemkot Tangerang Pasang Alat Ukur Data Iklim

4
Pemkot Tangerang Pasang Alat Ukur Data Iklim,(adit/katakota.com)
lebaran

Tangerang, Katakota.com– Pemkot Tangerang bersama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan bekerjasama dalam penataan kota. Upaya itu merupakan Pasca masuk dalam finalis kompetisi Million Coolroofts Challange yang dilaksanakan di Amerika.

Kasie Penegakan Hukum DLH Mesi Shinta Dewi mengatakan, DLH telah melakukan pemasangan instalasi continuous weather station yang bekerjasama dengan UPI dalam rangka menggali data awal iklim mikro di Kota Tangerang.

Pemasangan dilaksanakan di dua lokasi yakni kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kecamatan Jatiuwung sejak januari 2019.

Adapun fungsi alat tersebut untuk mengukur beberapa indikator diantaranya suhu dan kelembaban dalam ruangan, suhu dan kelembaban luar ruangan,kecepatan angin, curah hujan, index sinar UV, cahaya, tekanan udara dan solar raditiation.

“Dengan alat ini kita ukur beberapa indikator iklim mikro sehingga kita dapat meneliti dampak dari iklim mikro di Kota Tangerang terhadap kesehatan masyarakat. Pada akhirnya data kualitas iklim mikro ini dapat menghasilkan rekomendasi dalam penyusunan kebijakan pembangunan di Kota Tangerang” ujarnya.

Diketahui Million Cool Roofts Challenge adalah sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menciptakan penurunan suhu mikro di perkotaan dengan dana yang terjangkau melalui penggunaan cat yang memiliki komposisi khusus yang dapat meyerap panas.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.