Program Layak Huni Kota Tangerang Dukung Kota Sehat

7

Pemerintah Kota Tangerang kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya atas peran aktif dan mensinergikan program serta pemberdayaan masyarakat dalam menyelenggarakan Kabupaten/Kota sehat tahun 2019.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah dalam acara Penghargaan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019 yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kepala Bappeda Kota Tangerang Sugiharto Ahmad Bagdja mengatakan, salah satu yang mendukung kota sehat adalah program Kota Layak Huni yang digagas oleh Pemkot Tangerang.

Misalnya untuk bidang pendidikan, telah dilaksanakan pembangunan 1.002 ruang belajar, SPP gratis bagi 641 sekolah negeri dan swasta.

“Pemberian beasiswa kepada 33.774 orang serta pembangunan sekolah adiwiyata,” ujarnya.

Kemudian di bidang infrastruktur, telah dilaksanakan pembangunan 317 kilometer drainase atau 1.771 ruas. Pembangunan 235 turap, penurunan titik banjir mencapai 90 persen, pembuatan 25 taman tematik, pembuatan kampung PHBS, pemasangan 71.618 Penerangan Jalan Umum di pemukiman warga hingga bedah rumah terhadap 5.872 unit.

Di bidang kesehatan, program Layak Huni dalam wujud Kota sehat adalah program jaminan pengobatan gratis (Jabat Sehat) yang dinikmati oleh 1.912.219 peserta, pembuatan laboratorium terpadu, penyediaan layanan 10 mobil ambulance, 66 mobil cageur jasa dan 21 mobil puskesmas keliling.

Lanjutnya, sarana kesehatan, dibangun 15 puskesmas persalinan dan 15 puskesmas non rawat inap.

“Lalu ada juga puskesmas rawat inap di empat lokasi dan dua lokasi puskesmas UGD 24 jam,” ucapnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.