Program UPJ-IUP Sistem Informasi, Mahasiswa Magang di IT Start Up Luar Negeri

11
UPJ Bintaro

Covid-19 dan Teknologi Digital berhasil menjadi disrupsi peradaban umat manusia, terutama di sektor pendidikan. Covid-19 mengubah tatanan belajar mengajar tatap muka dikelas dengan segala dinamika interaksi sosialnya menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan teknologi dan penguasaan teknologi menjadi bagian yang tak terelakkan. Memahami akan tantangan tersebut, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) sebagai kampus yang mengkhususkan diri dalam bidang Urban Studies atau Studi tentang Perkotaan berinovasi untuk menjadi universitas yang unggul di era digital di masa pandemi saat ini.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh universitas dibawah naungan kelompok bisnis Pembangunan Jaya atau Jaya Group ini adalah membuka program IUP (International Undergraduate Program) dengan program studi Information Systems. Program studi ini juga merupakan perwujudan internasionalisasi yang secara rajin terus digalakkan oleh UPJ.
Tentunya UPJ tidak sendiri dalam pembukaan program studi baru ini.

 

UPJ berkolaborasi dengan salah satu intitusi pendidikan di Singapura, Lithan. Lithan adalah sebuah platform pembelajaran digital yang sudah terverifikasi oleh CPE atau Council for Private Education Singapore dengan misi untuk memberikan pertumbuhan bagi talent dan perusahaan dalam ekonomi digital. Lithan CLaas memberikan Pembelajaran Kompetensi sebagai layanan untuk mendukung pembelajaran yang terintegrasi dengan dunia kerja, implementasi solusi digital, dan pengembangan kemampuan mahasiswa. Kolaborasi ini membuat IUP Infromation Systems menjadi pilihan yang tepat untuk jenjang pendidikan tinggi masa kini.

Leenawaty Limantara selaku Rektor UPJ mengungkapkan UPJ tengah bergegas mengembangkan sepuluh program studi yang ada UPJ, termasuk mempersiapkan diri untuk membuka program pascasarjana. Dengan adanya kerjasama UPJ – Lithan, Singapore ini akan menjadi salah satu kunci penting dalam pengembangan UPJ yang optimal dan berharap ini akan menjadi sebuah kerjasama yang berkelanjutan.

 

“Kurikulum Sistem Informasi UPJ IUP dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan kompetensi langsung sehingga mereka siap untuk mengklaim tempatnya sebagai ahli Sistem Informasi dan bersaing di Dunia Digital Tanpa Batas setelah menyelesaikan pendidikan mereka,”ujarnya.

 

Salah satu keunggulan utama dari program ini adalah kesempatan untuk memperoleh total pendapatan hingga 16.200 USD dari program magang selama 3 tahun yang dimulai pada tahun kedua perkuliahan yang disebut Apprenticeship Program.

“Program magang di IUP Information Systems ini sangat berbeda dengan umumnya kegiatan magang Mahasiswa karena hampir tanpa biaya sama sekali karena dilakukan secara remote sedangkan perusahaan tempat magangnya adalah IT Start-up yang berbasis di luar negeri seperti di Singapura, Vietnam dan Malaysia. Perusahaan-perushaan ini adalah mereka yang sudah memiliki kerja sama resmi dengan pihak universitas,’ ungkapnya.

 

Dalam program ini, mahasiswa akan diperlakukan sebagai karyawan dan akan dinilai berdasarkan kinerja. Mahasiswa dapat magang di perusahaan yang sama selama lebih dari satu tahun berdasarkan bagus tidaknya kinerja mahasiswa tersebut. Sebelum melakukan kegiatan Apprenticeship, mahasiswa akan dipersiapkan melalui kegiatan pelatihan yang intensif di tahun pertama perkuliahan lewat IUP Bootcamp dan dibimbing oleh mentor sebelum mereka melalui proses rekrutmen dengan perusahaan target yang serupa dengan rekrutmen karyawan perushaan pada umumnya. Setelah menyelesaikan magang, mahasiswa bahkan memiliki peluang untuk mendapatkan posisi permanen di perusahaan yang sama.

 

“Dalam proses pembelajaran, semua mata kuliah dibawakan dalam kelas online dengan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar sebagai solusi yang memudahkan mahasiswa untuk belajar dari mana saja. Semua mata kuliah di UPJ IUP diampu oleh dosen ekspatriat yang merupakan Akademisi serta Praktisi di bidang IT dan Sistem Informasi. Kami mengundang para profesional dari negara-negara Asia seperti India, Malaysia, Singapura, dan Vietnam dengan latar belakang pengajaran yang luas. Semua kelebihan ini ditawarkan untuk menjadikan lulusan UPJ IUP sebagai Information Systems expert yang saing Bersaing di Dunia Digital Tanpa Batas,” pungkasnya.(dit/rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.