Psikososial Untuk Rehabilitasi Paska Bencana

2
Psikososial Untuk Rehabilitasi Paska Bencana,(adit/katakota.com)

Tangerang, Katakota.com– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mengadakan peningkatan Sumber Daya Manusia aparatur dalam penanganan pasca bencana. Salah satu pelatihan psikososial.

Kabid rehabilitasi dan rekonstruksi pada BPBD Kota Tangerang, Zulkarnain menuturkan, kegiatan yang mengikutsertakan pegawai dilingkup BPBD bertujuan memberikan pengetahuan terkait psikososial kepada masyarakat korban bencana. Menurutnya pegawai yang telah mengikuti kegiatan sewaktu-waktu dapat diterjunkan membantu masyarakat dalam pemulihan paska bencana.

“Peserta diajarkan memulihkan psikologis dampak trauma paska bencana agar setelah peristiwa terjadi kembali kuat,berfungsi optimal dan memiliki ketangguhan menghadapi masalah sehingga kembali produktif dan berdaya guna,” kata Zulkarnain.

Kegiatan yang rutin diadakan itu diikuti oleh 40 peserta dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya. Materi yang dibekali kepada peserta berupa pendampingan trauma healing kepada korban bencana.

“Dukungan kepada korban bencana tidak hanya bantuan secara fisik saja tetapi dukungan psikologis juga sangat diperlukan,” kata dia.

Ia menambahkan dukungan psikososial turut diberikan anggota BPBD Kota Tangerang kepada korban gempa di Lombok beberapa waktu lalu. Sebanyak 12 personil diterjunkan ke lokasi selain memberikan trauma healing juga turut membantu dapur umum dan penyebaran logistik serta evakuasi lainnya.(dit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.