Puma Open 2 Diikuti 103 Perguruan Silat

47

 

Tangerang, Katakota.com — Sebagai wujud pelestarian seni budaya pencak silat, perguruan Pusaka Manggala kembali mengadakan Puma Open 2 di GOR Dimyati Kota Tangerang mulai 14-16 Febuari 2020. Pelaksanaan kompetisi silat nasional ini diikuti 103 perguruan dengan jumlah 976 orang.

Ketua pelaksana Rivai Resmana menjelaskan Puma Open 2 diikuti lebih banyak peserta dibanding sebelumnya. Untuk kategori yang dipertandingan yakni usia dini, remaja dan pra-remaja.

“Alhamdulillah untuk kuota kita ada tambahan dibanding waktu yang pertama, kalau yang sebelumnya 750 peserta sekarang ada 976 peserta. Untuk peserta terjauh kita ada dari Lampung dari Garut selebihnya Jakarta dan Tangerang,” ujar Rivai ditemui di lokasi acara, Sabtu (15/2).

Ia menyebutkan, untuk hadiah total yang diperebutkan peserta senilai 10 juta rupiah dalam bentuk matras. Dalam kompetisi kali ini diakui 70 persen peserta merupakan perguruan asal Kota Tangerang.

Lebih jauh ia berharap melalui acara ini seni beladiri pencak silat dapat lebih dicintai oleh semua kalangan dan dapat dikenalkan kepada anak-anak usia dini. Dengan adanya kompetisi ini dapat menambah kualitas dan mengukur kemampuan para pesilat.

“Seperti kita ketahui bahwa pencak silat sudah diakui oleh Unesco, itu harus kita lestarikan lagi karena ini merupakan budaya Indonesia yang kuat,”imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang peserta Ratih Nahdiyah, yang turun di kategori putri pra-remaja mengatakan bangga bisa ikut kompetisi pencak silat.

“Bangga dan senang bisa ikut Puma open dua, karena saya jadi bisa mengukur kemampuan dan sekaligus ikut melestarikan seni budaya beladiri khas Indonesia,” tuturnya.

Penulis : Roy Maulana
Editor : Eky F

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.