Raperda Kedudukan Protokol DPRD Disahkan Menjadi Perda

3
Katakota.com- DPRD Kota Tangerang menggelar rapat paripurna pengesahan Raperda Kedudukan Protokol DPRD Kota Tangerang pada Senin (27/06/2022)
Juru bicara Pansus I Junadi menyampaikan, DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.
“Sebagai lembaga pemerintahan daerah, DPRD mempunyai kedudukan dan setara dan mempunyai hubungan kerja yang bersifat kemitraan dengan pemda,” ujarnya
Kedudukan setara bermakna antara DPRD dan pemda memiliki kedudukan yang sama dan sejajar, dalam arti tidak saling membawahi.
“Hubungan yang bersifat kemitraan DPRD merupakan mitra kerja pemerintah dalam membuat kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah yang sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” katanya.
Berdasarkan hal tersebut di atas, antara kedua lembaga negara wajib memelihara dan membangun hubungan kerja yang harmonis dan satu sama lain harus mendukung serta bukan saling melawan atau pun bersaing.
“Untuk terjalinnya kerja yang harmonis dan saling mendukung diperlukan adanya pengaturan tentang kedudukan protokoler DPRD. Hal itu bertujuan agar memperoleh hak dan kewajiban,” ucapnya.
Serta meningkatkan peran dan tanggungjawab serta mengembangkan kehidupan demokrasi dan menjamin keterwakilan rakyat dan daerah dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. “Mengembangkan hubungan mekanisme check and balance antara lembaga legislatif dan eksekutif,” ungkapnya.(dit/rs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.