Ratusan IKM Ikuti Program fasilitasi Sertifikat Halal

7
Pembukaan acara Tangerang Expo 2018 di ex-Lapangan Cibodas, Tangerang, Selasa (27/2). Acara itu menyajikan ratusan produk UMKM karya warga kota Tangerang dengan tujuan mempromosikan produk asli daerah yang digelar hingga 3 Maret 2018. Foto : Fajrin/Katakota

Tangerang, Katakota.com– Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan memfasilitasi gratis 205 Industri Kecil Menengah (IKM) mendapatkan sertifikasi halal.

Kabid perindustrian pada Disperindag, Wawan Kuswanto mengatakan,salah satu program di tahun 2018 adalah kegiatan fasilitasi pembinaan industri kecil untuk mendapatkan sertifikasi halal.

“Untuk tahun ini, kita memberikan program sertifikasi halal kepada 205 IKM, kalau biasanya mengurus sertifikasi halal harus bayar Rp 2,5 juta-Rp 3 juta kita kasih gratis,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk tahap pertama sebanyak 110 IKM telah diajukan pada bulan Februari lalu ke LPOM Banten, untuk selanjutnya diproses dan diverifikasi kelayakannya.

“Tim dari LPOM Banten nantinya akan terjun langsung mengaudit IKM yang mengajukan sertifikasi halal, jika memenuhi syarat yang ditetapkan maka akan mendapatkan sertifikat,” kata dia.

Ia melanjutkan, kriteria IKM penerima fasilitas sertifikasi halal diantaranya bahan baku yang digunakan dan lingkungan pengolahannya harus bersih dan tidak ada unsur yang mengandung non halal.

“Upaya ini dalam rangka meningkatkan kualitas produksi dari IKM sehingga menghasilkan produk yang bermutu dan tentunya halal,” pungkasnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.