Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Satu Paslon dalam Pemilihan Serentak Tahun 2018

12
Simulasi pemungutan dan penghitungan suara paslon,(eky/Katakota.com)

Tangerang, Katakota.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Simulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara Satu Pasangan Calon dalam Pemilihan Serentak Tahun 2018. Kegiatan simulasi ini dilaksanakan di TPS yang berlokasi di Lapangan Gandasari, Jl. Pajajaran RT.002 RW.04, Kec. Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten.

Secara substantif, kegiatan simulasi ini ditujukan untuk mengukur dan mensimulasikan penerapan
aturan Pemilihan Serentak 2018 dengan satu pasangan calon secara langsung. Selain itu juga untuk meiihat sejauh mana pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah dengan satu pasangan calon.

Melalui kegiatan simulasi ini diharapkan kapasitas jajaran KPU khususnya penyelenggara di tingkat KPPS pada proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada satu pasangan calon dapat memahami serta menerapkan peraturan yang sudah ditetapkan dalam proses pemungutan suara satu pasangan calon.

Simulasi pilkada serentak 2018,(eky/Katakota.com)

Secara umum proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada dengan satu pasangan calon sama dengan Pilkada pada umumnya hanya saja yang membedakan adalah pada saat proses pencoblosannya yakni pemilih mencoblos pada kolom foto pasangan calon atau kolom kosong yang tidak bergambar;

Mengingat penyelenggaraan Pemilihan serentak tahun 2018 ini merupakan gelombang ke III dan juga terdapat beberapa daerah yang hanya satu pasangan calon, sehingga proses pemungutan dan penghitumgan suara tingkat KPPS di daerah yang hanya satu pasangan calon dapat berjalan semakin baik.

Melalui simulasi ini, ke depan dapat berrmanfaat bagi semua pihak, khususnya dalam proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada satu pasangan calon. Partisipasi aktif dari seluruh pemilih yang hadir juga penting untuk mengikuti seluruh sesi yang telah diagendakan, sehingga apa yang menjadi tujuan dalam simulasi ini dapat tercapai.

Pada Pilkada Serentak 2018, terdapat 16 daerah yang hanya mempunyai satu pasangan calon, yaitu Deli Serdang, Padang Lawas Utara, Kota Prabumulih, Pasuruan, Lebak, Tangerang, Kota Tangerang, Tapin, Minahasa Tenggara, Bone, Enrekang, Kota Makassar, Mamasa, Mamberamo Tengah, Puncak, Dan Jayawijaya.

 

Penulis. : Eky F.
Editor. : Kk
Uploader : Cecep R.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.