Sinar Mas Land perkenalkan program sekolah berhati

10
Sinar Mas Land perkenalkan program sekolah Berhati

Dalam rangka tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) di bidang pendidikan, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menginisiasi penyelenggaraan Sekolah Berhati. Program ini bertujuan menyiapkan fisik dan lingkungan sekolah serta madrasah di pinggiran perkotaan sehingga nanti dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka dengan baik di masa pandemi maupun kenormalan baru.

“Sekolah Berhati merupakan platform yang mengusung nilai-nilai berkarakter, sehat, hijau, dan inovatif. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Bina Sekolah yang diselenggarakan oleh CSR BSD City di Bidang Pendidikan,” ujar Kepala CSR BSD Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP, dalam acara sosialisasi Sekolah Berhati secara virtual pada Rabu (10/3).

 

Untuk mencapai harapan tersebut, imbuhnya, ada silabus materi yang diramu khusus oleh Pengawas Madrasah Tangerang Dr. Girmono MA, Guru dan Bidang Kurikulum SMPN 20 Tangerang Selatan Heny Khristiani MPd, dan Tim CSR BSD City Bidang Pendidikan.

 

Lebih jauh Maria menjelaskan bahwa program itu akan memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan kepada kepala sekolah, guru, komite, dan siswa agar mereka dapat menciptakan kelayakan fisik lingkungan sekolah mereka sehingga menjadi tempat yang aman, nyaman, serta produktif di masa pandemi maupun sesudahnya. Sekolah Berhati juga mendorong para stakeholders tersebut bergandengan tangan untuk menjadikan sekolah sebagai tempat bagi anak-anak mengembangkan kecakapan hidup (life skills) dalam menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan keadaan di masa pandemi.

 

Sosialisasi Sekolah Berhati yang diselenggarakan secara virtual tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan Taryono, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Syaifullah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan Abdul Rojak, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang Dedi Mahfudin, para narasumber dan para pendidik yang terlibat dalam tim Sekolah Berhati, serta para pengawas, kepala sekolah, guru, dan ketua komite.

Setelah sosialisasi, CSR BSD City kemudian menggelar workshop atau pelatihan terbatas mulai 16 Maret sampai dengan 25 Maret 2021 yang langsung dilanjutkan dengan praktik lapangan. Materi pelatihan dan narasumber Program Sekolah Berhati adalah Penciptaan Karakter Sekolah Sehat yang dibawakan oleh Kepala Sekolah SDN Saga 6 Tangerang Retno Pratiwi MPd, Penciptaan Karakter Sekolah Hijau oleh Kepala Sekolah SDN Panongan 3 Tangerang dan Penggerak Lingkungan Rancakebo Supendi Akbar SPd, serta Penciptaan Karakter Sekolah Inovatif oleh Staf Ahli Teknologi Lingkungan BPPT Dr Sri Wahyono SSi MSi. Pendampingan akan dilakukan tim CSR BSD City Bidang Pendidikan bersama seluruh narasumber dan para pendidik yang terlibat dalam program ini.

Mekanisme pembinaan itu melalui mapping sekolah dan madrasah di Kabupaten Tangerang  serta Kota Tangerang Selatan pada zona kecamatan. Untuk pembinaan pertama ini akan dilakukan pada 70 sekolah dan madrasah di Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan dan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Sekolah tersebut kemudian akan menerima edukasi, pelatihan, dan pendampingan.(dit/ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.