Tarif Batas Bawah Penumpang Pesawat Alami Penyesuaian

4
Penumpang pesawat saat akan berangkat dari terminal 1B domestik bandara internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (5/2). Diprediksi akan ada peningkatan jumlah penumpang dalam liburan imlek 2567 yakni pada H-2 dan H-1.KataKota/Fajrin

Jakarta, Katakota.com — Penyesuaian tarif batas bawah bagi penumpang pesawat kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal akan segera diberlakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemhub). Rencananya Peraturan menteri perhubungan (Permenhub) itu diterbitkan pada pekan depan.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub Agus Santoso mengungkapkan, penyesuaian tarif batas bawah sudah dibicarakan dalam beberapa kali rapat dengan maskapai nasional.

“(Tarif batas bawah) iya ada perubahan. Semuanya (maskapai) sudah setuju, angkanya mereka setuju. Namun karena belum keluar aturannya saya enggak bisa ngomong,” kata Agus di sela rapat kerja Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Komisi V DPR di Jakarta, Kamis (12/10).

Pihak operator penerbangan sudah setuju terhadap angka penyesuaian tarif. Tapi, dia enggan menyebutkan detail penyesuaian tarif tersebut.

Agus menuturkan, Permenhub baru mengenai perubahan tarif ini bakal terbit pada pekan depan. “Aturannya keluar minggu depan, hari Senin. Jadi, nanti saja menyebutkan angka perubahannya,” imbuh Agus.

Terpisah, Ketua Bidang Penerbangan Berjadwal Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Bayu Sutanto menyatakan, INACA sebenarnya telah mengajukan usulan kepada regulator agar tarif batas bawah naik dari 30% menjadi 40% terhadap tarif batas atas untuk semua rute penerbangan. Seperti diberitakan Beritasatu, Bayu melanjutkan, keputusan terakhir yang disetujui adalah penaikkan tarif batas bawah menjadi 40% hanya untuk 15 rute padat. Sedangkan, rute-rute di luar itu tetap bakal diberlakukan tarif batas bawah 30%.

“Tapi, kita lihat saja nanti peraturan menterinya,” tandas Bayu.

 

Penulis     : Roy

Editor       : Q

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here