Tips Meningkatkan Minat Baca Versi Agnes Duta Baca Kota Tangerang

28
Agnes Maria Sevionischa Geraldine Tuasun peraih juara 1 Duta Baca Kota Tangerang tahun 2019/ist

Dalam mensosialisasikan literasi dan minat baca kepada masyarakat, Agnes Maria Sevionischa Geraldine Tuasun peraih juara 1 Duta Baca Kota Tangerang tahun 2019. kerap menceritakan kecintaannya terhadap buku serta tips meningkatkan minat baca.

Agnes yang merupakan siswi SMA Strada St Thomas Aquino Tangerang ini menjelaskan, dirinya sudah diperkenalkan dan menyukai membaca buku sejak kecil, saat itu buku dimulai dari cerita anak, majalah anak, dan novel.

Menurutnya ada beberapa tips agar minat baca meningkat pertama agar mencoba mencari buku jenis apa yang kalian suka.

“Misalnya kalian suka buku-buku yang bergenre horror, gapapa banget, coba luangkan waktu baca buku bergenre horror. usahakan kalian baca buku itu sampai tamat. genre buku apapun selalu punya makna dan ilmu bermanfaat yang bisa kita ambil,” kata dia.

kedua, selain genre yang kalian suka, mintalah rekomendasi buku dari teman kalian yang hobi membaca.

“Bisa baca e-book/mendownload aplikasi bacaan elektronik, tapi saranku sih baca buku fisik juga ya! semakin banyak buku yang kita baca, maka kita akan semakin terbiasa untuk membaca. Dengan mengobrol dengan teman yang gemar membaca, kita bisa ikut tertarik juga,” ungkapnya.

Ketiga, kalau kalian masih berpikir “ngapain sih baca? ngapain sih literasi di sekolah?” mulailah untuk mencari informasi dari google tentang manfaat dari membaca.

“Setelah tahu manfaatnya, kalian akan termotivasi untuk mulai menggemari kegiatan membaca, tanamkan selalu di pikiran, bahwa rajin baca itu banyak manfaatnya. Aku berani jamin, karena aku sendiri udah merasakannya,” tutur Agnes.

keempat, tumbuhkan rasa ingin tahu dan tekad dalam diri  bahwa di masa depan nanti, persaingan akan semakin ketat.

“Kita ga mau jadi orang dengan pengetahuan yang biasa-biasa aja, harus punya pengetahuan yang luas agar bisa melihat dunia yang lebih luas juga, milikilah pikiran-pikiran seperti itu dan minat baca akan tumbuh seiring bertambahnya tekad dan rasa ingin tahu tentang berbagai hal di dunia ini,” tukasnya (Adit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.