UPJ Bintaro Gelar Humboldt Kolleg 2022 Secara Virtual

5
Gedung Kampus UPJ Bintaro Kota Tangerang Selatan-Banten/ist

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) melalui Pembangunan Jaya Center For Urban Studies (CUS) mengadakan Humboldt Kolleg “Urban Partnership Melting Pot” yang akan diadakan tanggal 17-20 Januari 2022 secara virtual. Acara tersebut merupakan bagian dari kolaborasi UPJ dengan Humboldt Kolleg yang bertujuan memperkuat jaringan kerja sama profesional di tingkat regional antar alumni (Humboldtians).

Ketua panitia Elisabeth Rukmini mengatakan Hingga saat ini, Humboldt Kolleg telah diadakan di berbagai negara diluar Jerman, seperti Amerika Serikat, India, China, Italia dan lain-lain. Dengan demikian, Humboldt Kolleg telah menjadi instrumen penting dalam mengumpulkan para peneliti muda terbaik, generasi pemimpin potensial dalam IPTEK, serta di bidang lain di Jerman dan bahkan di seluruh dunia.

“Melalui Urban Partnership Melting Pot ini pula, insan-insan peneliti, penulis, dan media diundang untuk dapat bergabung memberikan sumbangsih pemikiran dan ide-ide kreatif melalui fokus tema Urban Growth Pattern, transformation, and resilience; Urban Mobility and Internet of Things; and Social, health, education, environment, and economic development,” ujarnya.

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) memahami peluang dan tantangan dalam kehidupan urban. Hal ini memerlukan pemahaman tentang kota dan proses yang berlangsung di perkotaan. Terdapat tiga alasan penting mengapa konsentrasi pada kota dan kehidupan urban menjadi penting, yaitu Pertama, terciptanya perencanaan kota yang cerdas, yang meliputi pendidikan cerdas, warga negara yang cerdas, layanan kesehatan yang cerdas, energi yang cerdas, bangunan yang cerdas, teknologi yang cerdas, mobilitas yang cerdas, dan infrastruktur yang cerdas – yang hal-hal tersebut sangat krusial di perkotaan.

Kedua, adanya perencanaan kota berkelanjutan yang berarti temuan terkini, misalnya kanopi surya, kolam retensi, daur ulang air, taman kinetik, pertanian perkotaan, kebun raya, taman surya, transportasi berkelanjutan, dan energi pasif, menjadi bagian signifikan dalam kehidupan kaum urban. Ketiga, perencanaan kota komersial yang menjadi sumber lalu lintas perekonomian juga penting dilengkapi dengan akses dan orientasi yang mudah, pertumbuhan bisnis, dan public space untuk banyak orang.

Ketiga alasan diatas menjadi tiga alasan utama mengapa UPJ mendirikan Pembangunan Jaya Center For Urban Studies (CUS). Pusat studi ini merupakan pusat penelitian interdisipliner di Universitas Pembangunan Jaya yang mempertemukan peneliti dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu. Agenda penelitian pusat difokuskan pada tantangan global dalam pembangunan berkelanjutan dalam perkotaan yang termasuk pertanyaan tentang kemakmuran dan kesetaraan ekonomi, inklusi sosial dan kewarganegaraan, kelestarian lingkungan dan metabolisme perkotaan, kota-kota kreatif yang muncul dan ekonomi berbasis pengetahuan, kualitas hidup kota, perumahan, transportasi, perencanaan dan pemerintahan.(Dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.