Begini Upaya Pemkot Tangerang Jadikan Kota Layak Pemuda

18
Begini Upaya Pemkot Tangerang Jadikan Kota Layak Pemuda,(adit/katakota.com)
Tangerang, Katakota.com– Kota Tangerang memiliki jumlah penduduk hampir mencapai 2 juta jiwa dengan  550 ribu adalah pemuda. Pemerintah Kota Tangerang  mengajak peran pemuda sebagai pelopor gerakan perubahan dalam mengatasi berbagai masalah sosial serta membangun wilayahnya melalui berbagai program pemuda.

Walikota Tangerang,H.Arief R.Wismansyah mengatakan, Salah satu program pemberdayaan pemuda adalah dengan membangun Kampung Pemuda Mandiri yang bertujuan mewujudkan kemandirian Pemuda dengan memberikan peluang dalam berkreatifitas dan usaha. Kegiatan di dalamnya adalah penyadaran dari masalah sosial, pemberdayaan inovasi pemuda serta pengembangan kewirausahaan pemuda. Kegiatan itu didukung dengan partisipasi pemuda dari berbagai lintas organisasi serta kebijakan Pemda melalui peraturan maupun pendanaan.

“Melalui Kampung Pemuda mandiri Pemerintah Kota Tangerang mendorong peran aktif pemuda diwilayah dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial serta dalam rangka meningkatkan kualitas SDM diwilayah setempat,” kata Walikota.

Dikatakan Walikota, Pemerintah Kota mendorong perkembangan pemuda dengan disahkannya Peraturan Daerah tentang kepemudaan. Terdapat  tiga poin utama dalam Perda Kepemudaan yakni Kewirausahaan Pemuda, Sarana Bagi Pemuda dan perhatian bagi Pemuda Disabilitas.

“Perda Kepemudaan adalah dorongan dan pelopor bagi pemuda untuk berkreasi dalam menggali potensi yang ada. Apalagi, sarana bagi pemuda untuk berinovasi telah disediakan, termasuk mengenai anggaran,”ujar Walikota.

Komitmen besar Pemerintah Kota Tangerang dalam perkembangan pemuda diapresiasi oleh Kementerian pemuda dan Olaharaga RI dengan diraihnya penghargaan  Kota Layak Pemuda. Penghargaan yang disematkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi kepada Walikota Tangerang Arief R Wismansyah pada tahun 2017 lalu, Menjadi bukti dari sinergi antara pemerintah dan pemuda dalam membangun kota dan mengatasi masalah yang ada.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dedi Suhada menambahkan, selain kampung pemuda di setiap wilayah, pada tahun 2018 terdapat program unggulan dalam meningkatkan kualitas SDM Pemuda melalui kegiatan pelatihan wirausaha yang bertajuk Belajar Usaha Jualan Generasi Muda (Bujug Dah). Program yang mengikutsertakan peserta dari setiap Kecamatan itu bertujuan meningkatkan keterampilan pemuda dalam berwirausaha di Kota Tangerang.

“Tahun ini sebanyak  250 pemuda dari setiap Kecamatan dengan total keseluruhan mencapai 3250 mengikuti Bujug Dah,” ucapnya.

Materi yang diajarkan adalah penggunaan teknologi informasi untuk pengembangan wirausaha. Sebab saat ini penggunaan teknologi sangat efektif dalam pengembangan usaha.

“Wirausaha ini untuk menggali potensi pemuda Kota Tangerang, pengetahuan berbisnis ini diharapkan dapat memanfaatkan peluang yang ada melalui teknologi informasi” katanya.(dit/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.