Budidaya Ikan Konsumsi Gerakkan Ekonomi Kampung Urang Baraya

2
Budidaya ikan konsumsi gerakkan ekonomi kampung urang baraya /istt

Kampung Urang Baraya Kelurahan Pabuaran Tumpeng meraih juara 2 lomba kampung tematik tahun 2021 untuk kategori utama. Salah satu inovasi yang dilakukan warga setempat adalah berhasil menggerakan ekonomi warga setempat dengan budidaya ikan konsumsi.

Ketua RW 01 Harisudin mengatakan, sejak November 2020 hingga sekarang, Urang Baraya telah bekerjasama dengan swasta yakni Rumah Sakit Sari Asih Group dalam pemenuhan kebutuhan ikan konsumsi terutama ikan lele. Adapun setiap bulannya mampu mensuplai sebanyak 600 sampai dengan 700 kilogram dikirim ke 6 cabang Rumah Sakit Sari Asih.

“Secara keseluruhan di Urang Baraya, kita memiliki 5 kolam terpal ikan Lele. Untuk bisa memenuhi pesanan kita juga sudah bekerjasama dengan salah satu KWT di Koang Jaya yang ikut membantu menyuplai kebutuhan ikan lele. Karena mereka ada 4 kolam terpal ikan lele, selebihnya kita mencari ke beberapa peternak lele untuk bisa mencukupi kebutuhan tersebut,”paparnya.

Menurutnya kerjasama yang dilakukan bersama swasta turut membuka peluang bagi KWT lainnya yang di kebunnya turut memelihara ikan lele.

“Ketika mereka kebingungan untuk menjualnya, kami di urang Baraya siap menampung atau membeli lele mereka, hasil usaha ini dikelola kembali untuk kelompok lele serta pembenahan kampung Urang Baraya” ungkap dia.

Selain itu seperti Kampung tematik pada umumnya, warga Urang Baraya telah menerapkan PHBS, memiliki bank sampah, penghijauan, rutin bekerja bakti membersihkan lingkungan. Kemudian di saat pandemi turut melaksanakan program Kampung Sigacor guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(DIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.