Ini Bahaya dibalik Sikat Gigi Terburu-Buru

2
Dokter Gigi RS Sari Asih Karawaci, drg. Astrid Diwiyacitra. C.I, menyebutkan selain kebiasaan menyikat gigi yang teratur cara menyikat gigi yang benar juga perlu diperhatikan. Menyikat gigi dengan terburu-buru dapat menyebabkan sisa makanan tertinggal di dalam mulut dan jika kelamaan akan menyebabkan plak.
Pentingnya perawatan gigi disertai cara menyikat gigi yang benar dapat meminimalisir keluhan sakit gigi. Sakit gigi sering dianggap sepele. Namun siapa sangka jika sudah terjadi keluhan, sakitnya dapat membuat kelimpungan bagi yang mengalaminya. Segera atasi keluhan gigi anda ke dokter terdekat yang sudah terpercaya
“Anak-anak atau bisa juga orang dewasa sering menyikat gigi terburu-buru karena harus pergi ke sekolah atau bekerja, akibatnya, sikat gigi tidak menyentuh dengan baik sela-sela gigi hingga bagian sudut mulut,” kata dia.
Ia pun menjelaskan, cara yang benar menyikat gigi ialah dengan menyesuaikan waktu diawali dengan gigi geraham melalui gerakan memutar selama kira-kira 20 detik untuk bagian atas. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan ke atas dan ke bawah dari batas gusi hingga sisi atas selama kurang lebih juga 20 detik. Hal sama dilakukan untuk permukaan luar gigi maupun dalam agar sisa makanan tersapu semua.
“Ada aturan juga dalam menggosok gigi yang patut diperhatikan. Jadikan rutinitas, jangan terburu-buru, jangan menggosok terlalu keras, pilih sikat yang lembut, cukup dua kali sehari jangan lebih, dan ganti sikat gigi secara rutin,” ungkapnya.
Lanjut ia mengingatkan jika abai dengan aturan-aturan tersebut. Menurutnya, ada bahaya yang mengancam jika terjadi keluhan. Seperti gigi berlubang, karies gigi sampai kanker mulut.
“Gigi berlubang yang dibiarkan tanpa perawatan akan menyebabkan keluhan lain yang berbahaya, karena bisa mempengaruhi organ lain seperti jantung dan menyebabkan stroke,” terang dia.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.