Sinar Mas Land Berikan Pelatihan 600 UMKM Jabodetabek

3

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami berbagai permasalahan, bahkan tak sedikit yang terpaksa gulung tikar akibat pandemi Covid-19. Untuk membangkitkan perekonomian rakyat, Sinar Mas Land melalui program CSR BSD City bidang ekonomi memberikan sejumlah pelatihan kepada para pelaku UMKM agar mereka mampu bertahan, lebih berkembang, dan cepat bertransformasi di masa pandemi.

Pelatihan Batch 1 untuk para pelaku UMKM di sekitar wilayah Jabodetabek telah dimulai sejak Februari hingga bulan Juli. Pemberian materi training dilakukan secara daring dan intensif di setiap Sabtu dengan durasi 3 jam per sesi. Pelatihan dilakukan sebanyak 15 sesi dan diikuti 600 pelaku UMKM dari seluruh kelas yang telah diselenggarakan.

Dalam acara ini, Sinar Mas Land didukung oleh para pakar UMKM yang menjadi mentor untuk materi-materi pelatihan seperti branding & digital marketing, literasi keuangan dan pengembangan mutu, serta model manajemen guna meningkatkan efektivitas usaha. Narasumber tersebut ialah Drs. Rujiyanto, M.Sn. (spesialis branding), Dra. Endang Retno Wardhani, MBA, Ph.D., CHt (spesialis literasi keuangan), dan Ir. Setya Sandi, SE., MM. (spesialis manajemen usaha).

Tim CSR bidang ekonomi bersama para mentor juga mendampingi para peserta, baik melalui grup WhatsApp maupun konsultasi langsung dalam Klinik UMKM yang diselenggarakan secara online.

“Kami berharap dengan materi-materi yang diberikan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas para pelaku UMKM binaan sehingga nanti mereka semakin berkembang dan profesional.” ujar Maria Chatarina, CSR BSD City Dept. Head – Sinar Mas Land.

Bukan hanya pelatihan, pihaknya memberikan apresiasi kepada 10 peserta terbaik dari keseluruhan sesi pelatihan karena memiliki ketekunan dan menunjukkan progres usaha. Apresiasi tersebut berupa prioritas pendampingan melalui Klinik UMKM dan menjadi highlight pada Web Pemasaran Digital yang diselenggarakan oleh CSR BSD City.

Selain itu, terdapat bantuan modal tahap pertama kepada 10 peserta yang secara utuh telah mengikuti keseluruhan pelatihan selama enam bulan.  Melalui Program Bina Usaha sampai saat ini CSR BSD City membina sekitar 600 pelaku UMKM.(dit/ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.