5 Sosok Calon Ketum PSSI Versi Netizen

11
Sosok yang layak jadi Ketum PSSI menurut netizen.

Katakota.com, -Ketua Umum (Ketum) PSSI, Edy Rahmayadi, resmi mundur dari jabatannya. Kabar mengejutkan tersebut disampaikannya dalam Kongres PSSI di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1/2019). Keputusan tersebut, kata Edy, dibuat sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap persepakbolaan Indonesia.

“Hari ini saya mundur, dengan syarat jangan khianati PSSI. Jangan karena satu hal kita bercokol dan merusak rumah. Ini saya sampaikan dalam kondisi sehat, saya mundur karena saya bertanggung jawab,” tutur Edy.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (kiri) menyerahkan bendera organisasi sepak bola Indonesia kepada Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono seusai menyatakan pengunduran diri dalam pembukaan Kongres PSSI 2019 di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Edy mengaku gagal memenuhi tugas untuk memberantas skandal pengaturan skor. Selain itu, dirinya pun mengatakan, tak mau sampai terbawa emosi dan lebih baik keluar agar dapat fokus menjalankan tugas sebagai Gubernur Sumatera Utara. Ia berpesan kepada penerusnya agar “membesarkan PSSI”.

Dengan begini, Joko Driyono selaku Wakil Ketua Umum PSSI, lewat statuta PSSI, secara langsung dipastikan naik jadi (plt) ketua umum. Namun, netizen tetap punya kandidat lain sebagai calon Ketua Umum PSSI yang baru. Berikut lima nama yang paling sering disebut.

1. Najwa Shihab

Najwa Shihab. (Foto: Munady Widjaja)

 

Isu mafia bola semakin mencuat sejak diangkat dalam program televisi Mata Najwa. Menyusul berhentinya Edy sebagai Ketum PSSI, Najwa Shihab selaku pranata acara pun banyak disebut netizen sebagai kandidat yang cocok sebagai pengganti.

Namun, tentu akan sulit terjadi, mengingat dalam beberapa kesempatan Najwa selalu mengatakan masih ingin menjadi seorang wartawan. Terlebih, ada aturan FIFA mengenai keharusan terlibat dalam dunia sepak bola selama lima tahun.

2. Nurhadi-Aldo

Ilustrasi pasangan Nurhadi-Aldo (Dildo). (Foto: Sabryna Putri Muviola/kumparan)

 

Beberapa netizen melontarkan jawaban nyeleneh ketika ditanya soal pengganti Edy Rahmayadi sebagai Ketum PSSI. Capres fiktif yang belakangan heboh, Nurhadi-Aldo, disebut-sebut sebagai kandidat yang tepat untuk memimpin persepakbolaan Indonesia.

Namun, tentu hal tersebut mustahil, lantaran Nurhadi dan Aldo saat ini tengah sibuk ‘berkampanye’. Menjelang pilpres, ‘capres’ nomor urut 10 yang diusung Partai Untuk Kebutuhan Iman tersebut tentu tengah menjalani jadwal padat, salah satunya membuat program-program yang akan memajukan Indonesia kelak keduanya terpilih.

3. Coach Justin

Coach Justin, sosok yang punya andil dalam majunya futsal Indonesia. (Foto: @Coachjustinl/Instagram)

 

Mungkin nama Justinus Lhaksana, atau akrab disapa Coach Justin, masih asing di telinga khalayak umum, tapi dirinya merupakan wajah lama di dunia sepak bola Tanah Air. Mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia tersebut kini jadi pandit sepak bola dan sering muncul di televisi sebagai komentator.

Justin yang aktif di Twitter pun belakangan menanggapi isu-isu mafia bola. Lewat video yang diunggah ke YouTube, pandit yang punya lisensi UEFA Futsal itu memberikan solusi untuk sepak bola Indonesia. Video tersebut pun direspons positif dan sudah di-retweet hingga lebih dari 2.400 orang. Tak khayal, akhirnya Justin banyak disebut pengguna Twitter.

4. Erick Thohir

Erick Thohir saat melakukan sambutan di ulang tahun ke-25 Satria Muda Jakarta. (Foto: Dok. Satria Muda)

 

Salah satu nama yang paling sering disebut, rekam jejak Erick Thohir dalam dunia sepak bola memang sudah tak perlu ditanyakan lagi. Mantan pemilik Inter Milan tersebut dinilai memahami seluk beluk sepak bola. Selain profesional, Erick juga dinilai sarat pengalaman. bersih, kredibel, dan netral.

Petisi “Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI” pun sampai dibuat. Hingga Senin (1/21/2019) pukul 13.45 WIB, hampir 1600 orang sudah menandatangani petisi tersebut. Erick Thohir kini diketahui sebagai wakil komisaris Persib Bandung dan pemilik klub basket Satria Muda.

5. Basuki Tjahaja Purnama/Ahok

Basuki Tjahaja Purnama memberi isyarat kepada para pendukungnya saat kampanye sebelum pemilihan gubernur di Jakarta (11/2/2017). Foto: AFP/GOH CHAI HIN

 

Nama yang paling banyak muncul selain Erick Thohir adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Seperti yang diketahui, setelah 21 bulan mendekam di penjara, Ahok akan bebas pada 24 Januari nanti. Dirinya dinilai cocok menangani PSSI, lantaran bersikap tegas dan sigap dalam memberantas korupsi.

Namun, keinginan untuk melihat Ahok memimpin PSSI hampir mustahil. Pasalnya, aturan FIFA menyebutkan syarat seseorang untuk mencalonkan diri jadi ketua umum harus punya jam terbang minimal lima tahun dalam dunia sepak bola.

Sumber : Kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.