351 CPNS Kota Tangerang Tahun 2020 Ikuti Pelatihan Dasar

2
CPNS Kota Tangerang

BKPSDM Kota Tangerang mengadakan Pelatihan Dasar (Latsar) kepada 351 CPNS Kota Tangerang formasi tahun 2020. Latsar menjadi syarat untuk diangkat sebagai CPNS.

Kasubid Pengembangan Diklat BKPSDM Kota Tangerang Hadi Saputra mengatakan, rangkaian kegiatan Latsar dimulai dari Massive Open Online Course (MOOC) yaitu pelatihan mandiri secara daring yang dikelola oleh LAN RI dan dapat diakses secara langsung oleh CPNS melalui NIK dan NIP.

Kemudian CPNS mengikuti Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) yang diadakan oleh Pemkot Tangerang. PKTBT diselenggarakan dalam 3 batch yang dimulai tanggal 31 Agustus hingga 3 September untuk batch 1, 10 September hingga 22 Oktober untuk batch 2, dan 1 hingga 2 November untuk batch 3.

“PKTBT meliputi pengetahuan dan keterampilan, serta membentuk sikap / perilaku yang bersifat teknis administratif dan substantif yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan dalam rangka melaksanakan bidang tugas jabatan PNS,” ujarnya.

Selanjutnya CPNS mengikuti tahapan utama Latsar yang terdiri dari Learning Management System (LMS). Agenda pembelajaran ini dilaksanakan secara virtual dengan metode distance learning (Pembelajaran Jarak Jauh)

“Dengan metode ini peserta mengikuti pembelajaran dari tempat kedudukan masing-masing dengan memanfaatkan teknologi informasi Learning Management System (LMS) dan aplikasi Zoom Meeting. Dan peserta dibebastugaskan dari tugas-tugas kantor,” terangnya.

Kedua CPNS mengikuti habituasi yaitu agenda pembelajaran ini memfasilitasi agar peserta melakukan proses aktualisasi melalui pembiasaan diri terhadap kompetensi yang diperoleh melalui berbagai mata pelatihan yang dipelajari.

“Adanya pembimbingan dari mentor yang telah ditugaskan pada instansi dimana peserta ditempatkan,” katanya.

Terakhir Klasikal, yaitu agenda pembelajaran ini dilaksanakan secara tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan dan peserta diasramakan di BPSDMD Provinsi Banten

“Latsar ini diadakan selama satu tahun, penilaiannya akan menjadi penentu kelulusan menjadi PNS,” ujar dia.(adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.