Ada Museum Juang Taruna Tangerang Di TMP Taruna

346
Pekerja melakukan tahap akhir pembangunan museum juang Taruna yang berada di area Taman Makam Pahlawan Taruna, Tangerang, Banten, Jumat (4/11). Museum itu menjadi museum sejarah pertama di kota Tangerang berisikan perjuangan perang lengkong. KataKota/Fajrin
lebaran

Tangerang, Katakota.com – Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna yang merupakan lokasi pemakaman korban peristiwa Lengkong, saat ini telah dilengkapi dengan Museum Juang Taruna Tangerang.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, dengan adanya Museum Juang Taruna Tangerang maka masyarakat bisa mengetahui mengenai sejarah yang ada di Kota Tangerang seperti halnya Akademi Militer Tangerang.

Masyarakat, lanjut Wali Kota, khususnya para pelajar pun diharapkan dapat menggunakan museum ini sebagai wisata edukasi dalam menambah wawasan sejarah karena dilengkapi perpustakaan.

“Begitu juga dengan semangat para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dapat diambil para pegawai untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan kemajuan Kota Tangerang,” katanya.

Andi Candra Gunawan, konsep pembuat Museum Juang Taruna Tangerang, mengatakan,
Museum yang berisi mengenai foto – foto sejarah para taruna saat melakukan pendidikan Akademi Militer Tangerang dan Peristiwa Pertempuran di Desa Lengkong Serpong pada tanggal 25 Januari 1946 terbagi dalam tiga ruangan.

Ruangan pertama terdapat perpustakaan mini yang memuat buku – buku sejarah peninggalan zaman dahulu yang tetap dipertahankan dan deretan foto pahlawan nusantara.

Diruangan tengah yang mengusung konsep minimalis modern, terdapat sejumlah foto para Taruna dan sejarah singkat peristiwa lengkong yang dilengkapi foto para pahlawan. Akademi Militer Tangerang dibawah komando Mayor Daan Mogot, pertama kali dibentuk di Kota Tangerang.

Sedangkan ruangan ketiga adalah di desain seperti zaman perjuangan ketika para veteran memberikan materi kepada pelajar sehingga dapat memunculkan semangat perjuangan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.