AirNav Perbarui Sistem Navigasi Bandara Wiriadinata Tasikmalaya 

6
Istimewa
lebaran

Tasikmalaya, Katakota.com — Beroperasinya bandara komersial Wiriadinata Tasikmalaya, Jawa Barat merupakan salah satu upaya pemerintah mewujudkan tol udara. Keberadaan bandara di selatan Jawa ini diharapkan bisa menghubungkan (konektivitas) semua daerah di Pulau Jawa, bahkan Indonesia.

“Program Airnav, Pulau Jawa ke depan kita buat semacam tol udara,” kata Direktur Utama AirNav, Novie Riyanto saat acara Workshop Optimalisasi Jalur Selatan Jawa di Bandara Wiriadinata, Kamis 25 Januari 2018.

Sebagai salah satu bagian tol udara, perlu ada penambahan alat-alat navigasi di Bandara Wiriadinata. Menurut Novie, peralatan navigasi di bandara ini merupakan peralatan navigasi generasi pertama. “Bisa dikatakan kuno, sangat tua,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya akan memperbarui sistem navigasi di bandara ini. Pihak AirNav akan memasang VOR DME yang lebih tinggi frekuensinya. “Berbasis very high frekuensi,” ujarnya.

Saat ini pilot masih menggunakan visual saat membawa pesawat. Nantinya akan diubah menjadi instrumen. “Pendaratan (pesawat) nanti dengan satelit. Safety,” tegas Novie.

Dengan adanya tol udara, menurut dia, tentunya akan mendorong perekonomian di daerah, dan meningkatkan pariwisata daerah. “Lalu lintas di (Jawa bagian) utara sudah padat. Kita hidupkan di Jawa Selatan,” jelasnya.

 

Sumber    : Tempo

Uploader  : Cecep R./Qy

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.