Banksasuci dan Kampung Talas Siapkan Perahu Wisata Cisadane

14
Aktivis lingkungan Banksasuci saat menjajal kursi pesawat di perahu katamaran yang akan dijadikan perahu wisata Cisadane/ist

Banksasuci dan warga Kampung Talas menyiapkan perahu wisata Cisadane. Perahu berjenis Katamaran itu saat ini sedang proses desain dan pemasangan mesin.

Aktivis Banksasuci Ricky Rikardo mengatakan, perahu wisata Cisadane merupakan kolaborasi antara Banksasuci dengan warga Kampung Talas Kelurahan Pasar Baru. Perahu yang dibuat oleh warga binaan Lapas kelas II A Tangerang itu merupakan milik warga Kampung Talas yang sedang didesain dan akan dikelola bersama-sama Banksasuci untuk wisata sungai Cisadane.

“Dikarenakan di Kampung Talas belum ada dermaga lalu perahu diletakan di Banksasuci dan sedang dalam proses desain dan pemasangan mesin,” ujar dia.

Dikatakannya, perahu yang akan diberi nama Bumi Pertiwi itu berkapasitas maksimal 40 orang dengan 4 orang kru yang terdiri dari nakhoda, safety guard dan guide. Perahu akan menggunakan tempat duduk pesawat terbang, kemudian dilengkapi kafe dan toilet.

“Rute yang awalnya hanya dari dermaga Robinson ke gedung Cisadane akan diperluas mulai dari dermaga Banksasuci, perahu juga menggunakan mesin diatas air yang sesuai dengan kondisi Cisadane,’  ujar dia.

Dikatakannya, perahu ini tak sekedar wisata namun juga mengedukasi masyarakat akan kekayaan alam yang membentang di Kota Tangerang yakni sungai Cisadane. Wisatawan akan mengetahui kondisi sesungguhnya dari sungai Cisadane yang terlihat tenang namun didalamnya penuh dengan sampah.

“Setidaknya masyarakat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama membuang sampah ke sungai,” kata dia.

Selain berfungsi sebagai kapal wisata, kapal berjenis Katamaran ini juga multifungsi untuk keperluan rescue di sungai Cisadane.

“Kapal juga dirancang untuk membantu penyelamatan saat terjadi misalkan pencarian orang tenggelam dan hilang di sungai Cisadane, ‘ucapnya (Adit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.