Begini Keluhan Warga Atas Rumah DP Nol Persen

7
Begini Keluhan Warga Atas Rumah DP Nol Persen,(adit/katakota.com)
lebaran

Katakota.com – Sejumlah warga mengeluhkan mahalnya harga rumah dalam program Rumah DP 0 Rupiah yang kini sedang digencarkan Pemda DKI Jakarta. Mereka menilai harga rumah tersebut masih belum terjangkau untuk masyarakat golongan menengah ke bawah.

Dira Arnesiah, seorang warga yang berminat mengikuti program tersebut menganggap harga rumah DP 0 Rupiah yang cocok untuk satu keluarga melebihi batas kemampuan beli rakyat menengah ke bawah.

“Harga untuk warga menengah ke bawah murah tapi dilihat dari tipe rumahnya kecil kayak kos-kosan. Sasarannya kayaknya kurang tepat,” kata Dira saat ditemui Tempo di lokasi hunian nol rupiah Klapa Village, Jakarta Timur, Jumat, 9 Agustus 2019.

Perempuan berusia 27 tahun yang bekerja sebagai karyawan swasta itu mengaku pendapatannya berdua dengan suaminya hanya sekitar Rp 7 juta. Dengan hanya mampu membayar untuk tipe rumah 21 yang dibanderol seharga Rp 184 – 213 juta. Namun dia membutuhkan rumah minimal dengan dua kamar karena sudah memiliki dua anak.

Dira menilai warga yang sudah berkeluarga memerlukan hunian minimal dengan jumlah dua kamar atau tipe 36. Akan tetapi, dia sanksi warga menengah ke bawah mampu membeli rumah DP nol tipe 36 itu.

Sebab, dalam daftar harga rumah DP nol yang diterima Dira, tipe 36 dibanderol antara Rp 335 juta sampai Rp 341 juta. Belum lagi apabila yang bekerja hanya satu orang, antara suami atau istri.

“Cuma menang DP nol,” ujar wanita yang kini tinggal di kawasan Jl Gajah Mada tersebut.

Warga lain, Rini Mega Fitriati, juga mengeluhkan hal yang sama. Dia menilai program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini tidak pas jika diperuntukkan kalangan menengah ke bawah. Dia mempertanyakan apakah pemerintah daerah bakal menerima satu keluarga membeli rumah tipe 36, tapi hanya sang suami yang bekerja.

“Kalau aku bilang ini (rumah DP nol) incaran orang yang punya uang walaupun DP-nya nol,” papar Rini. Wanita 27 tahun ini melanjutkan bahwa program Anies, “Belum bisa memfasilitasi warga ke bawah dan menengah.”

Rumah DP 0 Rupiah merupakan janji kampanye pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Anies sempat berujar, rumah DP nol merupakan solusi bagi warga DKI yang belum memiliki rumah. Saat itu, menurut dia, 41 persen warga DKI tak memiliki rumah sendiri.

Sumber : Tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.