Budi Santoso, Penggagas Kampung Anggur di Cibodas

33
Budi Santoso di Kampung Anggur Kecamatan Cibodas/IST

Tangerang, Katakota.com -Kampung Anggur di Kelurahan Uwung Jaya terpilih menjadi juara 2 lomba kampung tematik kategori utama tahun 2020.

Dibalik kesuksesan kampung anggur ada sosok Budi Santoso ketua RW 03 yang mengerakan warga dalam membenahi lingkungan.

Saat itu kampung tersebut terlihat kumuh dengan banyaknya sampah serta keberadaan kandang dan unggas peliharaan warga setempat.

“kondisi ini menjadi masalah sosial bagi lingkungan sebab bau dan kotoran unggas serta sampah yg tidak terkelola baik,” ujarnya.

Selain itu warga sebelumnya hanya berkumpul tanpa melakukan kegiatan yang positif dan beraktivitas sesuai dengan hobinya saja.

“Kondisi itu lalu diadakan pemetaan dan skala prioritas penyelesaian masalah,” ujarnya.

Budi Santoso pamerkan budidaya madu Teuweul/trigona/IST

Langkah pertama melakukan pendataan warga untuk mengetahui potensi lingkungan. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi penataan lingkungan.

“Setelah berupaya merubah pola pikir warga, yang pertama kali dilakukan adalah membersihkan kandang unggas dan mengubah lahan tidur yang kumuh menjadi taman dan dihijaukan,” paparnya.

Penataan kampung dilanjutkan dengan memanfaatkan barang bekas yang dimiliki untuk disumbangkan dan dijadikan sarana penghijauan serta mempercantik lingkungan.

“Daripada tak terpakai lebih baik digunakan untuk lingkungan, contohnya galon bekas, ban bekas, kayu dan bambu ,Hampir semua penataan di Kampung ini menggunakan barang bekas dan dilakukan secara swadaya warga,” kata dia.

Sementara itu tanaman yang ada di Kampung Anggur beragam, tak hanya buah anggur namun juga buah-buahan lainnya seperti sawo, jeruk nipis dan sayur-sayuran lainnya.

Menurutnya pohon anggur yang tumbuh dan berbuah merambat itu juga memiliki filosofi dapat merambat ke kampung lainnya agar menjadi lingkungan yang hijau dan asri. (Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.