Cara Efektif Berkomunikasi dengan Rekan Kerja dan Atasan

7
lebaran

Jakarta, Katakota.com — Tidak selamanya kita mempunyai lingkungan kerja yang kondusif. Tak jarang ada saja hal-hal yang mengganggu keseharian kita di tempat kerja mulai hal yang remeh sampai serius. Selain itu, belum tentu semua orang di tempat kerja bisa klop dengan kita.

Contoh yang bisa ditemui, misalnya ada rekan kerja yang doyan menerima telepon dengan pengeras suara. Lain hari, ada rekan yang duduk di dekat kita setiap hari memasang pengharum ruangan yang baunya bikin mual. Kasus-kasus seperti contoh tersebut adalah hal remeh namun cukup mengganggu kenyamanan bekerja.

Lalu, bagaimana cara kita memberitahu mereka bahwa yang dilakukannya membuat orang lain terganggu? Dalam sebuah artikel yang ditayangkan BBC, penasihat dunia kerja Alison Green membagi tipsnya. Berdasarkan pengalamannya, kecanggungan menegur orang lain tidak hanya terjadi antarsesama karyawan. Akan tetapi hal yang sama juga bisa terjadi ketika manajer ingin menegur anak buahnya.

Contohnya seperti ‘Wah, sepertinya aku tidak bisa memakai piranti lunak ini untuk bekerja, nih’ atau bisa juga ‘Boleh minta tolong bantu aku menyelesaikan masalah dengan klien?’.

Dengan kata lain, nada bicara yang kita gunakan akan berpengaruh pada reaksi lawan bicara. Alison menerangkan, kebanyakan orang tidak akan keberatan mengetahui jika apa yang diperbuatnya mengganggu asalkan dikomunikasikan dengan tepat.

“Mayoritas orang bisa menerima kritik atau teguran apabila diungkapkan dengan kalimat yang bijak dan tenang,” jelas pengelola blog Ask A Manager ini.

Sumber    :  Republika
Uploader  :  Cecep R/Ky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.