Dituduh Hina Islam, Nike Buka Suara Soal Logo Air Max

25
Ilustrasi Logo Nike (Wikipedia)
lebaran

Katakota.com, -Belum lama ini sebuah petisi di Change.org melayangkan protes kepada Nike terkait salah satu koleksi sepatunya, Air Max 270. Petisi yang dibuat oleh Saiqa Noreen tersebut menuntut Nike menarik Air Max 270 karena menyertakan logo yang dianggap menyerupai lafaz Allah.

“Sengat keterlaluan bagi Nike untuk membiarkan nama Tuhan di sebuah sepatu. Ini enggak sopan dan sangat menghina Islam. Islam mengajarkan belas kasih, kebaikan, dan keadilan kepada semua orang,” tulis Noreen dalam petisinya.

 

Dikutip dari laman Sole Collector, Nike akhirnya angkat suara terkait petisi yang hingga Rabu (30/1) telah ditandatangani oleh lebih dari 11 ribu orang itu. Nike menyebut pihaknya enggak sengaja dan menghormati semua agama.

“Kami memperhatikan hal ini dengan serius. Logo Air Max dirancang untuk menjadi representasi dari merek Air Max Nike. Ini dimaksudkan untuk mencerminkan mereknya saja. Makna atau representasi lainnya yang dipersepsikan merupakan ketidaksengajaan,” jelasnya.

Tapi hingga kini, belum ada kepastian apakah produsen sepatu asal Amerika Serikat itu bakal mencabut logo Air Max menyusul protes ini.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Nike terlibat masalah yang sama. Pada 1997, Nike Air Bakin juga dikecam karena menyertakan lafaz Allah di bagian belakang sepatu. Akhirnya koleksi tersebut ditarik dari pasaran.

Meski begitu, Nike juga telah menunjukkan dukungannya kepada umat Muslim dengan meluncurkan Nike Pro Hijab di 2017. Pro Hijab diluncurkan guna mempermudah atlet berhijab dalam melakukan aktivitas olahraga.

Sumber : Kumparan

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.