DPRD Minta Pemkot Belajar dari Cianjur dalam Pengelolaan Fasilitas Kesehatan

12
Anggraini Jatmika anggota DPRD Kota Tangerang/ foto istimewa

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Tangerang Anggraini Jatmika mengatakan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sebagai salah satu daerah yang dianggap berhasil dalam pengelolaan fasilitas kesehatan.

Di wilayah tersebut terdapat rumah sakit plat merah yang berdiri megah, yakni RSUD Cimacan. Padahal, sebelumnya rumah sakit tersebut hanyalah puskesmas rawat inap.

Oleh karenanya Pemkot Tangerang dapat belajar dalam pengelolaan fasilitas kesehatan dari daerah lain. Itu dilakukan guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Awalnya puskesmas rawat inap kemudian statusnya naik ke rumah sakit Tipe D. Nah saat kami kunjungan ke sana tahun 2021 ini, sekarang sudah bertransformasi menjadi rumah sakit daerah,” ujarnya.

Keberhasilan tersebut diharapkan diikuti oleh Pemkot Tangerang dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Oleh karenanya Pemkot Tangerang dapat belajar dalam pengelolaan fasilitas kesehatan dari daerah lain.

Politisi PDI Perjuangan ini  pernah menyampaikan keberhasilan transformasi yang dilakukan RSUD Cimacan kepada Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

“Waktu hearing dengan dinkes itu kami sampaikan. Bu Dini (Plt Kepala Dinkes,red) coba lihat RSUD Cimacan, mereka berhasil melakukan transformasi dalam pengelolaan kesehatan. Saya bilang, coba belajarlah dari RSUD Cimacan dalam pengelolaan,” kata dia.

Dewan asal daerah pemilihan Karang Tengah, Larangan dan Ciledug ini mengatakan, keberhasilan RSUD Cimacan tersebut tak lepas dari manajemen pengelolaan fasilitas kesehatan. Mereka juga, mau berjuang keras meskipun pada saat itu keterbatasan anggaran.

“Jadi yang saya tahu, mereka itu jemput bola ke pusat (pemerintah pusat,red) hingga akhirnya bisa dapat anggaran dari pusat. Kalau lihat APBD-nya kan mereka (Kabupaten Cianjur,red) lebih kecil dari kita (Kota Tangerang,red). Nah kenapa kita tidak bisa seperti mereka,” ungkapnya.

Ia pun berharap Dinkes Kota Tangerang mau belajar dari RSUD Cimacan dalam hal bagaimana melakukan pengelolaan fasilitas kesehatan secara optimal. Utamanya keberhasilan mereka dalam manajemen pengelolaan fasilitas kesehatan.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.