Harga Beras di Seluruh Wilayah RI Turun

2
Istimewa

Jakarta, Katakota.com — Harga beras medium dan premium di tingkat penggilingan mengalami penurunan per April 2018. Rata-rata harga beras kualitas premium sebesar Rp 9.525 per kilogram atau turun sebesar 3,72 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, harga beras kualitas medium di penggilingan sebesar Rp 9.221 per kilogram atau turun 4,92 persen.

“Subsektor tanaman pangan turun karena turunnya harga gabah karena panen. Itu turun -1,29 Nilai Tukar Petani (NTP) tanaman pangan,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Yunita Rusanti di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (2/5).

Selain beras, subsektor tanaman perkebunan rakyat juga mengalami penurunan sebesar -0,18 persen karena indeks harga yang diterima petani juga mengalami penurunan. Adapun, Yunita menyebut subsektor perkebunan rakyat yang mengalami penurunan adalah komoditas karer, lada, dan kelapa.

Sementara itu, harga gabah rata-rata di tingkat petani April 2018 untuk Gabah Kering Panen (GKP) mengalami penurunan sebesar 4,22 persen yaitu Rp 4.757 per kilogram menjadi Rp 4.556 per kilogram. Hal itu terjadi karena harga masih dipengaruhi oleh panen raya yang cenderung turun.

Di samping itu, harga Gabah Kering Giling (GKG) juga mengalami penurunan 3,66 persen dari Rp5.452 per kilogram pada Maret menjadi Rp 5242 per kilogram pada April 2018.

“Sama halnya di tingkat penggilingan rata-rata GKP dan GKG mengalami penurunan masing-masing 4,16 persen dan 3,39 persen di tingkat penggilingan,” jelasnya.

Selain beras premium dan medium yang mengalami penurunan harga, beras kualitas rendah pun demikian. Harga rata-rata beras kualitas rendah di penggilingan sebesar Rp 8.991 per kilogram atau turun sebesar 5,89 persen.

Dibandingkan dengan April 2017, rata-rata harga beras di penggilingan pada April 2018 untuk semua kualitas mengalami kenaikan, yaitu kualitas premium sebesar 2,41 persen, kualitas medium 6,55 persen, dan kualitas rendah sebesar 8,25 persen.

Sumber    : Jawapos

Uploader  : Cecep R./Qy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.