Ide Ridwan Kamil Ubah Sampah Jadi Emas

7
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui usai melantik seratusan aparatur sipil negara (ASN) yang merupakan bekas pegawai Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Jabar di Aula Barat Gedung Sate Jalan Diponegoro, Jumat (1/2/2019). (KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI)

Katakota.com, -Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tengah mematangkan program penukaran sampah menjadi emas. Dalam program itu, Pemprov Jabar akan bekerja sama dengan PT Pegadaian.

“Kita kemarin di Bekasi sudah secara informal bersama PT Pegadaian ada program mengonversi sampah menjadi emas,” kata Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (1/2/2019).

Secara singkat, lanjut Emil, warga tinggal menyetorkan sampah yang masuk klasifikasi ke bank sampah. Sampah yang terkumpul nantinya bisa dikonversi menjadi emas di Pegadaian.

“Sampah yang diterimanya ada dua, bentuk kaleng atau plastik yang sifatnya industrial bukan keresek. Nanti ditampung oleh bank sampah yang didirikan. Ditulis berapa kilonya nanti dikonversi jadi nol sekian gram emas. Kalau rajin, ujungnya bisa menikah dengan sampah yang dikumpulkan,” tutur Emil.

Ia menambahkan, program itu akan diuji coba di kawasan wisata Pantai Pangandaran sekaligus sebagai upaya mengurangi sampah plastik di area pantai.

“Karena kita prihatin pantai wisata hampir 80 persen sampahnya plastik. Maka program ini secara resmi dimulai di Pangandaran yang konsumen dan pengunjungnya banyak dan biasanya banyak nyampah plastik konsumsi,” ungkap Emil.

Jika dinilai berhasil, program itu bakal dibuat secara massal di sejumlah daerah khususnya yang telah memiliki bank sampah.

“Makanya kita mulai instrumennya dulu Bank Sampah. Dimulai dari yang simbolis yaitu daerah pariwisata,” jelasnya.

Sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.