Ini Dia Tjhie Rachmad Widjaja, Atlet Kota Tangerang Peraih Medali Perak PON

0

Tjhie Rachmad Widjaja atlet binaraga binaan Perkumpulan Binaraga dan Fitnes (PBFI) Kota Tangerang telah tiga kali mengikuti ajang PON. Terakhir di Papua ia berhasil meraih prestasi medali perak pada kelas 85 kilogram plus.

Rachmad mengatakan selain PON ia juga pernah berprestasi di ajang internasional dengan meraih peringkat 6 di Birmingham  dan juara 1 di Irlandia tahun 2016.

“Tak ada cita cita menjadi atlet binaraga, pertama kali mengenal olahraga binaraga secara tak sengaja. Saat itu hanya ingin memiliki tubuh yang kuat dan kekar,” ujar dia.

Sebagai atlet binaraga kesehariannya dijalani dengan berlatih fitnes dan mengangkat besi. Event pertama kali diikuti tahun 1996. “Waktu itu ikut fitnes selama setahun lalu ikut kejuaraan lokal dan berhasil meraih peringkat ketiga,” ujar dia.

Dijelaskan, dalam Binaraga terdapat beberapa faktor yang dinilai pertama simetris, kekeringan otot, ketebalan otot dan keindahan.”Jadi tak sekedar memamerkan badan yang besar dan kekar,” ujar dia.

Tjhie Rachmad Widjaja mengatakan tak ada syarat khusus menjadi atlet binaraga.  “Selama niat dan tekun Insya Allah bisa jadi atlet Binaraga. Selama makanan dijaga, latihan keras dan istirahat teratur serta membutuhkan konsistensi,”ungkapnya.

Adapun latihan yang biasa dijalani sebagai atlet binaraga adalah angkat besi dan fitnes. Kemudian  untuk menu makanan yang harus dijaga yakni makanan yang mengandung tinggi protein, rendah lemak serta karbohidrat secukupnya “ Menunya yang pasti direbus-rebus, dipanggang dan dikukus,”ujarnya

“Makanan yang harus dihindari kue-kue seperti martabak, kue basah, gorengan, kue kering dan yang manis-manis seperti sirup,” sambungnya.

Rachmad berharap olahraga Binaraga dapat beprestasi dan digandrungi oleh generasi muda. “Kedepannya even kejuaraan yang diadakan bisa ditingkatkan hadiahnya karena dengan hadiah yang menarik biasanya akan membuat antusias orang mengikuti kejuaraan,” katanya.(dit)/foto dok humas KONI Banten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.